Bagikan:

JAKARTA - Petenis asal Serbia, Novak Djokovic, berambisi untuk bisa memenangi Wimbledon 2023. Kandidat kuat juara itu mengusung misi besar, yakni menyamai pencapaian legenda tenis, Roger Federer.

Djokovic baru saja mencetak rekor dengan meraih gelar turnamen major ke-23 sepanjang kariernya. Gelar teranyar yang dia raih adalah French Open 2023.

Namun, itu tak meredam ambisinya untuk terus mengejar trofi lainnya. Wimbledon 2023 pun jadi bidikan agar menggenapkan koleksinya menjadi delapan trofi di ajang tersebut.

Jika itu tercapai, Djokoviw bakal jadipetenis keempat dalam sejarah yang memenangi delapan atau lebih gelar Wimbledon setelah Martina Navratilova (sembilan), Federer dan Helen Wills Moody (delapan).

Selain itu, gelar Wimbledon 2023 akan membawanya sejajar dengan pencapaian Margaret Court yang sudah mengoleksi 24 trofi Grand Slam.

"Saya masih merasa haus akan kesuksesan, lebih banyak Grand Slam, lebih banyak prestasi di tenis," kata Djokovic, dikutip dari AFP via Antara.

"Selama ada dorongan itu, saya tahu bahwa saya mampu bersaing di level tertinggi."

"Beberapa hari setelah Roland Garros, saya sudah memikirkan persiapan untuk lapangan rumput dan apa yang perlu dilakukan," lanjut atlet berusia 36 tahun itu.

Djokovic tidak menunjukkan tanda-tanda melambat dalam kariernya. Sebelas dari 23 gelar Grand Slam miliknya diraih sejak dia berusia 30 tahun.

Kemenangan dalam final Wimbledon pada 16 Juli mendatang akan membuat dia dinobatkan sebagai juara tertua turnamen di era Open.

"Banyak orang mendatangi saya dan memberi selamat, mengingatkan saya pada kesuksesan bersejarah," kata Djokovic.

"Saya sangat tersanjung, tetapi pada saat yang sama pikiran saya sudah terarah ke Wimbledon, apa Slam berikutnya, apa tugas selanjutnya," sambungnya.

Seandainya Djokovic berhasil mempertahankan gelar Wimbledonnya, dia hanya perlu mengantongi US Open pada September untuk menjadi orang pertama sejak 1969 yang mengklaim seluruh gelar Grand Slam dalam satu tahun.

"Ketika saya memasuki Centre Court, saya kira itu membangkitkan sesuatu dalam diri saya dan saya mampu tampil di level yang sangat tinggi," ujar Djokovic.