Sempat Tak Pede, Lanny/Ribka Sukses Rengkuh Gelar Juara Indonesia Masters 2023
Ganda putri Indonesia, Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto. (Foto: Twitter/@INABadminton)

Bagikan:

JAKARTA - Ganda putri Indonesia, Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto berhasil meraih gelar juara di ajang Indonesia Master 2023 di Medan. Dalam partai final, Minggu 10 September 2023, Lanny/Ribka mengalahkan wakil Taiwan dalam dua gim.

Tampil di kejuaraan Super 100 yang berlangsung di GOR PBSI Jalan Pancing, Medan, Sumatera Utara, Lanny/Ribka tampil mendominasi sejak awal laga hingga mampu menang 22-20, 21-10 atas Chang Ching Hui/Yang Ching Tun.

Lanny/Ribka sempat mendominasi permainan sejak awal laga, tapi ada momen di mana poin mereka dikejar lawan. Beruntung fokus Lanny/Ribka bisa kembali terjaga hingga akhirnya mereka bisa merebut gim pertama dengan skor 22-20.

"Pada gim pertama kami bermain terburu-buru ingin memenangkan pertandingan. Beruntung di penghujung laga kami bisa mengontrol pertandingan dan meraih keunggulan," ungkap Lanny dikutip dari Antara, Minggu 10 September.

Hasil baik di gim pertama membuat permainan Lanny/Ribka semakin di atas angin saat memasuki gim kedua. Lawan juga masuk dalam tekanan mengingat gemuruh suporter yang memadati GOR Pancing begitu totalitas, setelah menjalani 39 menit permainan Lanny/Ribka mampu memastikan kemenangan dengan skor 21-10.

"Pada gim kedua kami sudah di atas angin dan punya kepercayaan diri tinggi. Hal tersebut membuat kami bermain lebih tenang dan percaya diri untuk mengakhiri laga dengan kemenangan," timpal Ribka.

Kemenangan di turnamen Super 100 ini mampu menjadi obat penghibur bagi keduanya yang sebelum ini nirgelar di Kejuaraan Dunia 2023. Saat tampil di Kopenhagen, Lanny/Ribka kandas di babak 32 besar setelah kalah telak dari ganda putri China Chen Qing Chen/Jia Yi Fan dengan skor 5-21, 8-21.

"Pada turnamen ini kami sempat ragu untuk menjadi juara mengingat pada turnamen terakhir tidak bermain dengan maksimal. Sempat ada rasa kekhawatiran bisa juara atau tidak, tapi kami mencoba yakin satu demi satu untuk akhirnya bisa menjadi juara," tambah Lanny.

Gelar juara di turnamen Indonesia Masters 2023 menjadi gelar ketiga Lanny/Ribka selama menjadi rekan duet. Sebelumnya Lanny/Ribka tercatat berjaya di Indonesia International Challenge 2022 di Malang dan Bahrain International Challenge 2022.

"Gelar juara ini sangat penting buat kami untuk bersaing di level yang lebih tinggi lagi. Sejauh ini gelar juara ini sebagai bentuk mengembalikan kepercayaan diri kami dan kami sangat menikmatinya," kata Ribka.