Bagikan:

JAKARTA - FIBA World Cup 2023 telah memasuki babak final dan mempertemukan Serbia dan Jerman. Laga pamungkas yang berlangsung pada Minggu, 10 September 2023 malam WIB akan menjadi momen lahirnya juara baru.

Dua finalis akan sama-sama bertarung demi merasakan sensasi merengkuh trofi FIBA World Cup untuk pertama kalinya.

Serbia berhasil menapaki partai final FIBA World Cup 2024 setelah menaklukan Kanada dengan skor 95-86 di babak semifinal pada Jumat, 8 September 2023. Ini menjadi final kedua bagi Serbia setelah di tahun 2014 silam mereka hanya keluar sebagai runner up usai ditekuk Amerika Serikat.

Untuk memastikan satu tempat di babak final FIBA World Cup 2023, Serbia mengumpulkan enam kemenangan dan satu kekalahan dari fase grup.Satu-satunya hasil pahit yang ditelan pasukan Orlovi adalah saat kalah dari Italia 76-78 pada penyisihan ronde 2.

Serbia masih terus tampil sebagai tim tangguh meski tak membawa pemain andalannya Nikola Jokic. Berkaca pada penampilannya sepanjang fase grup hingga semifinal, Serbia menjadi tim tersubur ke-2 setelah AS dengan 684 poin tercipta di setiap laganya.

Sementara itu, Jerman yang menjadi penantang Serbia di partai final FIBA World Cup 2023 juga bukan tim yang dianggap sepele. Mereka melaju ke final setelah menang dari AS dengan skor tipis 111-113. Kemenangan itu mengantar mereka ke final pertama sepanjang sejarah.

Sebelumnya sampai di partai final tahun ini, posisi terbaik yang diraih Jerman adalah menjadi tim peringkat 3 edisi 2002. Upaya Jerman untuk ada di titik final juga tak mulus, meski mereka belum menderita kekalahan sejauh ini.

Akan tetapi Jerman lebih sering menghadapi pertandingan dengan skor ketat. Seperti saat mereka menang dengan keunggulan hanya 2 poin atas AS dan Latvia dalam 2 laga terakhir. Serta menang 3 poin atas Australia di penyisihan ronde 1.

Di sisi lain, Jerman yang berjuluk Die Mannschaft juga menjadi salah satu tim yang tampil cukup dominan dengan menciptakan total 661 poin masuk. Pencapaian Jerman sejauh ini jadi sesuatu yang membanggakan, mengingat lawan-lawan yang mereka singkirkan secara ranking masih jauh di atas catatan mereka sendiri, termasuk Serbia yang duduk di posisi 6 sedangkan Jerman ada di posisi 11.

Duel Serbia vs Jerman akan jadi pertarungan para roster masing-masing tim. Di kubu Serbia, peran penting akan dipegang sang kapten Bogdan Bogdanovic, Guard Atlanta Hawks itu jadi pemain tersubur ke-3 setelah Luka Donkic dan Shai Gilgeous-Alexander.

Dari kubu Jerman, Dennis Schroder yang merupakan guard Toronto Raptors jadi salah satu pemain penting di tim. Ia menjadi pemain yang punya raihan tertinggi di timnya. Selain itu ada juga forward Orlando Magic, Franz Wagner yang menciptakan 16 poin/gim dan 6,3 rebound/gim.

Partai Final FIBA 2023 antara Serbia dan Jerman akan berlangsung di Mall of Asia Arena, Manila, Filipina pada Minggu, 10 September pukul 19.40 WIB. Pertandingan bisa disaksikan lewat siaran langsung di saluran tv iNews atau melalui streaming di Vision+.