Bagikan:

JAKARTA - Timnas basket Jerman menjadi juara FIBA World Cup 2023. Di final yang berlangsung, Minggu, 10 September, mereka menekuk Serbia dengan skor 83-77.

Trofi juara bukan satu-satunya bukti keperkasaan Jerman di FIBA World Cup 2023. Perjalanan Dennis Schroder dan kawan kawan terbilang mengesankan.

Jerman yang tidak terkalahkan sepanjang turnamen, termasuk final yang pertama kali mereka cicipi. Salah satu kemenangan yang sensasional adalah saat mengalahkan Amerika Serikat pada semifinal yang berlangsung dramatis.

"Kami adalah juara dunia, kami tidak terkalahkan, kami memenangi semua pertandingan," kata guard Jerman Maodo Lo seperti dikutip dari AFP via Antara.

"Kami mengawalinya dengan grup yang berat, kami mampu terus membangun kekuatan, kami meraih kemenangan-kemenangan besar sepanjang turnamen dan kemudian kami menghadapi Amerika Serikat di semifinal. Menurut saya, kami layak atas gelar juara dunia ini," tambahnya.

Keperkasaan Jerman pun diakui Serbia. Performa Jerman di final menjadi bukti mereka layak untuk jadi pemenang.

"Mereka layak atas kemenangan ini. Selama 40 menit mereka bermain di level yang tinggi, dengan keberlanjutan, sangat mengandalkan kekuatan fisik," kata pelatih Serbia Svetislav Pesic.