Hasil Final FIBA World Cup 2023: Taklukan Serbia, Jerman Rebut Kemenangan dan Raih Gelar Juara Perdana
Tangkapan Layar Jerman Vs Serbia (Youtube FIBA - The Basketball Channel )

Bagikan:

JAKARTA - Gelar juara baru telah lahir dari ajang FIBA World Cup 2023 yang berlangsung Minggu, 10 September malam WIB. Menghadapi Serbia di partai final, Jerman mampu merebut kemenangan apik.

Tim asuhan Gordon Harbert menaklukan Serbia di Mall of Asia Arena, Filipina dengan skor akhir 83-77. Kemenangan atas Serbia ini juga menjadi sejarah baru bagi Jerman, sebab gelar juara FIBA World Cup 2023 ini menjadi gelar perdana bagi mereka.

Upaya Jerman untuk menyegel gelar perdana bukan tanpa hambatan, menghadapi Serbia yang juga wakil Eropa langkah tak selalu mulus. Jerman sempat selisih poin tipis di kuarter pertama dengan skor 23-26 dari Serbia.

Masuk babak kedua, persaingan semakin ketat karena kedua tim sama-sama ingin merasakan gelar juara perdana. Kali ini Jerman berusaha terus menambah poin, angka lanjutan diciptakan oleh Filip Petrusev.

Namun demikian usaha Jerman untuk mengunci keunggulan di paruh waktu gagal berjalan mulus. Serbia menahan lawan kuat dengan skor kembar 47-47 di penghujung kuarter kedua.

Masuk di kuarter ketiga, Jerman tancap tas dengan unggul 12 poin. Serbia sempat memangkas defisit jadi dua angka saat laga menyisakan 39 detik. Namun, Dennis Schroder dan kawan-kawan akhirnya bisa mempertahankan keunggulan 69-57 di sisa waktu.

Meski dalam tiga kuarter yang berjalan kejar-kejaran poin tak dapat dihindari, tapi Jerman secara perlahan tapi pasti mampu terus menyeimbangkan permainan. Serbia yang mati-matian melangkahi pencapaian Jerman nyatanya tak mampu menghilangkan dominasi lawan karena di akhir gim kemenangan jadi milik Jerman dengan skor 83-77.

Pada laga ini  Schroder jadi bintang Jerman lewat sumbangan 28 poin. Menyusul kemudian Franz Wagner (19 poin) dan Johannes Voigtmann (12 poin).

Dikubu Serbia, penyumbang angka terbanyak adalah Aleksa Avramovic (21poin) diikuti Bogdan Bogdanovic (17 poin). 

Kemenangan ini merupakan rekor bagi Jerman. Capaian terbaik Die Mannschaft di FIBA World Cup. Seba sebelum ini mereka hanya mampu meraih perunggu di edisi 2002. Sementara Serbia gagal menambah koleksi trofi usai dua kali berjaya sebagai negara independen.

Beberapa jam sebelumnya laga penentuan juara, Kanada membuktikan diri menjadi juara ketiga setelah meraih kemenangan 127-118 atas Amerika Serikat. 

Setelah bermain imbang di waktu normal, Kanada memastikan hasil positif usai unggul 16-7 pada overtime. Memasukkan tujuh dari delapan percobaan tembakan tiga angka, Dillon Brooks jadi bintang Kanada untuk total mencetak 39 poin. 

Shai Gilgeous-Alexander turut berkontribusi dengan 31 angka dan 12 assist, sementara RJ Barrett menyumbang 23 nilai.

Di kubu AS, Anthony Edwards (24 poin), Austin Reaves (23), dan Mikal Bridges (19) jadi penyumbang poin terbanyak.