Bagikan:

JAKARTA - Timnas Basket Serbia berhasil melangkah ke babak final FIBA World Cup 2023 setelah mengalahkan Kanada di babak semifinal, Jumat 8 September. Berlangsung di Mall of Asia Arena, Filipina, Serbia menang dengan skor 95-86 atas Kanada.

Sejak kuarter pertama, Serbia langsung tancap gas untuk merebut poin sebanyak-banyaknya. Permainan cepat mereka berbuah manis karena tim asuhan Svetislav Pesic ini mampu unggul jauh atas Kanada pada 10 menit pertama. Serbia mampu mematok jarak skor mereka di angka 21-13.

Memasuki menit akhir kuarter pertama, Kanada tak putus asa dan terus berupaya mengejar ketertinggalan. Namun Dillons Brooks dan kolega masih belum menemukan solusi mengimbangi lawan karena tertinggal di kuarter pertama dengan skor 15-23.

Berlanjut di kuarter kedua, permainan berubah untuk Kanada yang mampu mencuri poin lebih dulu. Laguenz Dort mencetak three poin membawa skor Kanada menjadi 18-23.

Namun usaha keras Kanada itu tak berlangsung lama karena Serbia masih mendominasi dengan kembali memberi jarak poin. Persaingan kedua tim semakin sengit dengan skor sementara 28-21 dan terus jadi milik Serbia dengan keunggulan 52-39 di kuarter kedua.

Pada kuarter ketiga, dominasi Serbia tak mampu dibendung pemain Kanada karena sempat unggul sementara 63-56. Kanada masih mencoba membuka peluang untuk menciptakan banyak tiga poin, tapi jarak yang ada tak mampu diperkecil hingga akhirnya permainan usai dan dimenangkan oleh Serbia dengan skor 75-63.

Kemenangan yang membawa Serbia ke babak final ini juga membuat mereka harus bersiap lebih baik. Pasalnya di babak penentuan mereka akan menghadapi pemenang dari laga antara Amerika Serikat versus Jerman.