Indonesia Masters 2023: Hajar Unggulan Kedua, Tommy Sugiarto ke Semifinal
Tunggal putra, Tommy Sugiarto. (Foto: Twitter/@INABadminton)

Bagikan:

JAKARTA – Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Tommy Sugiarto, berhasil lolos ke babak semifinal Indonesia Masters 2023 setelah menghentikan unggulan kedua, Su Li Yang.

Tommy harus bermain selama 63 menit untuk mengamankan kemenangan dramatis tiga gim 24-22, 12-21, 21-13 atas wakil Taiwan di GOR PBSI Pancing, Deli Serdang, Medan, Jumat, 8 September 2023.

Pada babak semifinal besok, pebulu tangkis berusia 35 tahun tersebut akan berhadapan dengan Kiran George. Tunggal putra India ini mencapai semifinal usai mengalahkan wakil Thailand, Panitchaphon Teeraratsakul. 

Sementara itu, dari tunggal nomor putri Indonesia sudah pasti mendapat satu tiket ke babak final. Ini karena dua wakil yang tersisa, Komang Ayu Cahya Dewi dan Ester Nurumi Tri Wardoyo, sama-sama lolos dan langsung saling berhadapan satu sama lain.

Komang membuat kejutan melangkah ke semifinal setelah menang dengan skor 21-19, 21-13 atas wakil Chinese Taipei, Huang Yu-Hsuan. Hasil ini di luar perkiraan karena pebulu tangkis asal Bali itu tidak dalam kondisi terbaik.

"Saya melihat laga ini pertarungan non teknis mengingat lawan terlihat kewalahan dalam mengantisipasi arah angin di arena," kata runner-up Denmark Masters 2023 itu.

Sementara itu, Ester menyusul rekannya tersebut setelah mengalahkan unggulan keenam Jepang, Riko Gunji. Ini akan menjadi bentrok ketiga antara kedua wakil Indonesia itu di ajang resmi setelah dua pertemuan sebelumnya mereka saling mengalahkan.

Komang terlebih dahulu mengalahkan Ester di ajang German Junior 2020. Balas dendam kemudian dilakukan oleh Ester saat mereka berhadapan di Indonesia International Challenge tahun lalu.

Tiket babak semifinal untuk Indonesia juga diamankan pasangan ganda campuran Marwan Faza/Jessica Maya Rismawardani. 

Pasangan ranking ke-127 dunia itu melangkah ke semifinal pasca mengalahkan mengalahkan wakil Thailand, Phatharathorn Nipornram/Nattamon Laisuan lewat pertarungan rubber game 15-21, 21-13, 21-19.

Sejauh ini tiga wakil Indonesia sudah kandas di perempat final, masing-masing dari ganda campuran, ganda putra, dan ganda putri.

Dari ganda campuran yang gagal adalah Zaidan Arrafi Nabawi/Felisha Alberta Nathaniel Pasaribu. Adapun di ganda putri kegagalan dialami pasangan Meilysa Trias Puspitasari/Rachel Allessya Rose, sedangkan di ganda putra Muhammad Al Farizi/Nikolaus Joaquin yang gagal ke semifinal.