Hasil China Open 2023: Jonatan Christie Jadi Satu-Satunya Wakil Indonesia di Semifinal
Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie. (Foto: Twitter @INABadminton)

Bagikan:

JAKARTA - Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie, memenangi "perang saudara" Shesar Hiren Rhustavito pada babak perempat final China Open 2023 di Changzhou Olympic Sport Centre pada Jumat, 8 Agustus malam WIB.

Jonatan dan Shesar menjalani pertandingan selama 36 menit. Kemenangan diamankan Jonatan dalam dua gim yang berakhir 21-12 dan 21-17.

Pada awal gim pertama, nuansa persaingan sudah ditunjukan kedua pemain. Menghadapi Jonatan Christie yang merupakan unggulan kelima, Shesar sempat unggul dua poin.

Tapi ternyata situasi itu tak berlangsung lama karena setelah melewati angka kembar 3-3, Jonatan langsung melesat jauh. Ia memimpin tiga angka dan terus memperlebar jarak dengan unggul 11-6 di interval pertama.

Setelah jeda, Shesar Hiren tak kehilangan semangat untuk mengejar jarak lima poin yang ada. Tapi kesalahan dan beberapa kali kehilangan fokus membuat Shesar harus mengakui ketangguhan Jonatan yang menang dengan skor 21-12.

Pada gim kedua pertandingan antara kompatriot ini memanas, rebutan poin terus terjadi di angka 7-7 hingga 10-10. Tapi satu angka menjelang interval justru mampu diamankan Shesar dari Jonatan dengan keunggulan 11-10.

Setelah jeda kedua, permainan masih berlangsung tegang lewat beberapa kali reli yang terjadi hingga sempat membuat skor kembali kembar 16-16.

Dari poin itu, Jonatan Christie tancap gas dengan memanfaatkan kesalahan Shesar Hiren dengan unggul lagi di poin 19-17 dan melanjutkannya dengan dua poin hingga memastikan kemenangan 21-17 dalam dua babak.

Hasil ini membuat Jonatan Christie melaju ke babak semifinal untuk menantang lawan yang tak kalah berat. Unggulan kelima ini akan menghadapi pemenang antara unggulan pertama, Viktor Axelsen vs Loh Kean Yew yang merupakan unggulan ke-7.

Kemenangan Jonatan Christie dari babak perempat final ini juga menjadi kemenangan pertama dari tiga wakil Indonesia yang tampil hari. Pasalnya Apriyani Rahayu/Siti Fadia yang tampil lebih dulu malah gagal ke final.

Sementara Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri menyerah dari Kang Min-hyuk/Seo Seung-jae. Mereka tumbang dalam pertandingan dua gim langsung dengan skor 15-21 dan 17-21.