Dua Transfer Mahal Chelsea Masuk Daftar Pemain Paling <i>Bapuk</i> hingga Pekan Ke-4 Premier League Inggris
Pemain Chelsea, Enzo Fernandez. (Foto: Twitter @ChelseaFC)

Bagikan:

JAKARTA – Dua pemain anyar Chelsea Nicolas Jackson dan Enzo Fernandez termasuk dalam daftar pemain paling bapuk di awal kompetisi Liga Inggris musim ini.

Jackson dibeli oleh The Blues dari Villarreal musim panas ini dengan nilai transfer 32 juta poundsterling. Sementara itu, Enzo diboyong menjelang penutupan bursa transfer musim dingin Januari lalu dengan nilai 106,8 poundsterling.

Meskipun dihadirkan dengan biaya mahal, kontribusi kedua pemain itu pada awal musim ini justru belum terlihat. Keduanya bahkan berada di puncak daftar tiga besar pemain yang tidak menarik sejauh ini.

Jika merujuk statistik, Jackson yang berusia 22 tahun seharusnya sudah mencetak tiga gol sejauh musim ini. Namun, pemain internasional Senegal itu malah hanya berhasil menjaring satu gol saja, yang membuat ia berada di puncak daftar pemain paling bapuk.

Jackson tercatat melewatkan enam peluang besar dalam empat pertandingan pertama. Padahal, dia menjadi harapan tim karena satu-satunya penyerang tengah yang tersedia menyusul cedera yang dialami Christopher Nkunku.

Dalam daftar pemain yang belum maksimal musim ini, Enzo menguntit rekannya itu di tempat ketiga. Pemain asal Argentina itu memiliki 1,4 gol yang seharusnya bisa dicetak (xG) musim ini, tetapi gagal dilakukan.

Fernandez telah melepaskan 10 tendangan, tetapi hanya satu yang mengenai sasaran. Kesempatan dimaksud adalah tendangan penalti yang digagalkan oleh penjaga gawang West Ham, Alphonse Areola.

Berada di antara duo The Blues itu, terdapat pemain Aston Villa, Ollie Watkins, yang tidak mencetak gol dengan xG sebesar 1.8.

Kemudian pemain Brentford Neal Maupay berada di peringkat empat dalam daftar. Maupay punya xG sebesar 1,4 untuk membuat gol dari lima tendangannya yang empat di antaranya tepat sasaran.

Sementara itu, tiga tempat dari enam tempat setelah nama-nama di atas diisi oleh pemain Wolverhampton Wanderers. Mereka adalah Pedro Neto di peringkat lima, Fabio Silva di peringkat tujuh, dan Mathus Cunha di peringkat sembilan.

Adapun kapten Manchester United, Bruno Fernandes, berada di posisi keenam dengan satu gol dari 2.1 xG gol yang diharapkan. Kemudian bintang Everton, Abdoulaye Doucoure, berada di peringkat delapan dengan satu gol dari xG 1,9.

Jordan Ayew dari Crystal Palace berada di urutan terakhir meskipun ia terpilih sebagai pemain terbaik the Eagles di bulan Agustus. Dia melepaskan 12 tembakan dalam empat pertandingan dan hanya mencapai target tiga kali.