Cristiano Ronaldo, Pemain Tersubur di Muka Bumi yang Kangkangi Bican dan Pele
Cristiano Ronaldo mencetak dua gol ke gawang Inter Milan (Twitter @juventusfcen)

Bagikan:

JAKARTA - Cristiano Ronaldo berdiri tegak di puncak daftar pencetak gol paling produktif di muka bumi. Setidaknya menurut catatan MARCA.

Pemain Portugal itu mencetak dua gol untuk Juventus ke gawang Inter Milan di semifinal Coppa Italia pada Rabu dini hari. Dia menorehkan gol ke-762 dan 763 di sepanjang karier profesionalnya. 

Gol pertama melalui titik putih membuat Ronaldo sejajar dengan legenda Brasil, Pele dan bintang Austria-Ceko, Josef Bican. Berdasarkan data yang diakui FIFA, mereka mencetak 762.

Namun, ada banyak kontroversi seputar angka Bican dan Pele. Khusus Bican, Rec.Sport.Soccer Statistics Foundation (RSSSF) mencatat, ia telah mencetak 805 gol dalam 530 pertandingan. Namun, menurut media-media Eropa, hanya 759 yang dicetak di sepak bola profesional. Angka ini masih tetap diselimuti kontroversi.

Catatan gol resmi yang dicetak Ronaldo, Pele, dan Bican (Foto: MARCA)

Sementara itu, angka-angka yang dicatatkan Ronaldo tidak perlu dipertanyakan. Dan dia telah menjauhi Pele dan Bican dengan gol kedua yang dicetaknya ke gawang Samir Handanovic dini hari tadi.

Rinciannya, dia mencetak 31 gol bersama Sporting CP, 118 gol saat berkostum Manchester United, 451 gol dalam balutan kostum Real Madrid dan 111 untuk Juventus. Adapun bersama timnas Portugal, dia menjaringkan 102 gol.

Sekarang, Ronaldo dapat mengklaim sebagai pencetak gol terhebat dalam sejarah sepak bola. Satu-satunya pemain yang bisa memecahkan rekor kapten Portugal di masa depan adalah Lionel Messi, yang saat ini berada di posisi kelima dengan 720 gol resmi.