Kualifikasi Pra PON Aceh-Sumut 2024 Zona B Diikuti 348 Atlet Barongsai
Babak Kualifikasi Pra PON Aceh Sumut 2024 Zona B resmi dibuka di Pluit Village, Jakarta, Sabtu, 19 Agustus. (Dok. FOBI)

Bagikan:

JAKARTA – Babak Kualifikasi Pra PON Aceh Sumut 2024 Zona B resmi dibuka di Pluit Village, Jakarta, Sabtu, 19 Agustus. Ajang ini akan diselenggarakan hingga Minggu, 20 Agustus.

Sebanyak 348 atlet dari enam provinsi bakal adu kemampuan dan kecepatan. Enam provinsi yang dimaksud adalah DKI Jakarta sebagai tuan rumah, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Banten, dan DI Yogyakarta.

Pada pra PON 2024 Zona B ini, ada tujuh nomor yang dipertandingkan. Tujuh nomor tersebut adalah Barongsai Taolu Bebas, Barongsai Tradisional, Pekingsai Taolu Bebas, dan Pekingsai Kecepatan. Lalu ada pula nomor Naga Taolu Bebas, Naga Kecepatan, Naga Halang Rintang.

"Semuanya dipertandingkan dengan regulasi internasional," kata Ketua Penyelenggara, Alvin Kennedy, kepada wartawan.

Ketua Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI) DKI Jakarta yang ditunjuk sebagai tuan rumah, Hilda Kusumadewi, mengaku sangat bangga ditunjuk sebagai tuan rumah untuk pertama kalinya.

Apalagi ini menjadi tonggak sejarah karena Barongsai untuk pertama kalinya dipertandingkan di PON.

"Semoga Kualifikasi Pra PON pertama ini bisa berjalan lancar. Mari kita tetap optimis. Siapapun yang menjadi juara, mari junjung tinggi slogan kita bertanding untuk bersanding. Kita keluarga besar FOBI yang bisa membawa FOBI berprestasi di nasional dan internasional," katanya dalam sambutan pembukaan Pra PON 2024 Zona B di Jakarta.

Sementara itu, Ketua Umum PB FOBI, Edy Kusuma, mengucapkan selamat bertanding kepada para atlet yang berlaga.

Dia berharap, semua atlet menjunjung sportivitas untuk meraih posisi terbaik layak bertanding di PON Aceh-Sumut.

"Ini pertama kalinya cabor Barongsai dipertandingkan di PON. Ini tonggak sejarah. Untuk itu saya mengajak semua pihak menjadikan momentum ini menjadikan FOBI kebanggaan Indonesia," tuturnya

Selain Zona B, Pra PON 2024 cabor Barongsai juga dipertandingkan di Pekanbaru, Riau, yang jadi tuan rumah Zona A. Lalu Pontianak yang ditunjuk sebagai tuan rumah Zona C.