Shin Tae-yong Tuding Wasit Jadi Biang Kekalahan Indonesia Lawan Malaysia
Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae Yong. (Foto: Instagram @shintaeyong7777)

Bagikan:

JAKARTA – Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong menuding wasit menjadi penyebab timnya menelan kekalahan melawan Malaysia di fase grup Piala AFF U-23 2023.

Indonesia kalah 1-2 saat menghadapi Malaysia di laga pertama Grup B di Stadion Rayong, Thailand, Jumat, 18 Agustus malam WIB.

Garuda terlebih dahulu unggul sebelum kena comeback.

"Saya ingin menyoroti gol pertama Malaysia dari penalti. Itu bukan pelanggaran," ujar juru taktik asal Korea Selatan itu selepas pertandingan.

Indonesia memimpin pertandingan melalui gol Ramadhan Sananta pada menit ke-28.

Harimau Malaya lalu membalikkan kedudukan melalui dua gol yang dijaring oleh Fergus Tierney.

Gol pertama Tierney untuk menyamakan kedudukan dicetak dari titik putih. Wasit Hiroki Kasahara memberi penalti setelah Kadek Ariel Priyatna dianggap melanggar Tierney.

Shin Tae-yong mengatakan bahwa penalti inilah yang mengubah jalannya pertandingan. Dia menyebut, wasit telah membuat kesalahan dengan keputusan tersebut.

"Saya merasa itu bukan pelanggaran. Wasit perlu mengevaluasinya. Setelah kejadian tersebut mengubah permainan kami," ujar pelatih berusia 52 tahun tersebut.

Pasukan Garuda masih punya satu pertandingan penyisihan grup melawan Timor Leste pada Minggu, 20 Agustus besok. Hasil dari laga itu, bisa menjaga kans Indonesia ke semifinal.