4 Tim Baket Putri Pastikan Lolos PON 2024 usai Kejurnas 3X3
Empat tim basket 3x3 putri telah lolos kualifikasi PON 2024 Aceh-Sumatera Utara usai menjadi juara grup Kejurnas Bola Basket 3x3 Kualifikasi PON 2024 yang digelar di Yogyakarta, pada 21-24 September 2023. ANTARA/HO-Perbasi

Bagikan:

JAKARTA - Empat tim basket 3x3 putri memastikan diri lolos kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 Aceh-Sumatera Utara, usai memastikan diri jadi juara grup pada Kejuaraan Nasional Bola Basket 3x3 yang digelar di Yogyakarta, hingga Minggu 24 September.

Tim basket 3x3 putri yang lolos PON 2024 adalah Bali sebagai juara Grup A, DI Yogyakarta sebagai juara Grup B, DKI Jakarta dari Grup C, dan Jawa Timur dari Grup D.

Technical Delegate Kejurnas 3x3 Kualifikasi PON 2024 Aceh-Sumut Renny Dwi Chandrawati dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, menjelaskan keempat tim tersebut sudah tidak bertanding lagi di hari terakhir. Hal itu dikarenakan mereka langsung lolos dengan statusnya juara grup.

Sementara enam tiket lainnya akan diperebutkan oleh peringkat dua, tiga, dan empat pada masing-masing grup. Mereka akan bertanding lagi pada hari ini dengan melawan tim dari grup lain.

Dari laga-laga itu, diambil enam besar untuk tim yang lolos menyusul empat tim sebelumnya. Dengan begitu, peserta yang lolos dari Kejurnas ini ke PON Aceh-Sumut secara total ada 10 tim.

Sementara untuk dari kategori putra, belum ada tim yang memastikan lolos ke PON 2024. Semua tim masih harus bertanding lagi di hari terakhir penyelenggaraan Kejurnas Bola Basket 3x3 Kualifikasi PON 2024 pada hari ini.

“Jadi hari minggu akan seru. Semua tim bersaing menuju PON Aceh-Sumut. Jadi masyarakat Jogja mari ke Ambarukmo Plaza dan saksikan pertandingan seru dari pagi sampai malam,” terang Ketua Panitia Pelaksana Kejurnas 3x3 Kualifikasi PON 2024 Aceh-Sumut Andy Setiawan, disitat Antara.

Kejurnas Bola Basket 3x3 di Ambarukmo Plaza Yogyakarta pada 21-24 September 2023. Kejurnas ini merupakan panggung bagi pemain muda menuju Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 Aceh-Sumut.

Kejurnas Bola Basket 3x3 tahun ini diikuti oleh 44 peserta tim yang tersebar dari seluruh daerah Indonesia. Rinciannya, untuk kategori putra sebanyak 26 tim, dan untuk kategori putri ada 18 tim.