Kejurnas Basket 3X3 2023: DKI Jakarta Juara Umum
Tim basket 3X3 DKI Jakarta menjadi juara umum Kejurnas Basket 3X3 2023 di Makassar (dok. Perbasi DKI Jakarta).

Bagikan:

JAKARTA - Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Basket 3X3 2023 tuntas digelar di Atrium Trans Studio Mall Makassar pada 30 November sampai 3 Desember 2023.

DKI Jakarta keluar sebagai juara umum setelah memimpin perolehan medali dari semua kategori kelompok umur yang dipertandingkan baik putra maupun putri.

Sebagaimana diketahui, Kejurnas Basket 3X3 ini menghelat tiga kelompok umur putra dan putri, yaitu KU-16, KU-18, dan KU-22.

DKI Jakarta mengemas medali emas dan perunggu di kategori KU-16 putra. Sementara tim putri meraih medali emas.

Kategori KU-18 tak mau kalah. DKI Jakarta mengantongi medali emas di tim putra dan medali perak untuk tim putri.

Terakhir di kategori KU-22, DKI Jakarta membawa pulang medali perunggu untuk tim putra dan putri.

Kesuksesan tim basket 3X3 Jakarta mendapat apresiasi dari Ketua Umum Pengprov Perbasi DKI Jakarta, Lexyndo Hakim.

“Jakarta selalu bersyukur atas pencapaian ini, bisa menjadi juara umum. Walau keterbatasan waktu persiapan dan latihan yang ada, anak-anak bisa memberikan semua kemampuan terbaiknya dalam bertanding. Mereka meraih medali di semua kategori yang diikuti DKI Jakarta,” kata Lexy.

Terlepas itu, Lexy juga menaruh perhatian khusus kepada tuan rumah yang berhasil menyelenggarakan Kejurnas 3X3 dengan baik.

Ada sejarah baru penyelenggaraan yang terukir tahun ini menandakan perkembangan basket Indonesia berjalan positif.

“Saya mengapresiasi tuan rumah penyelenggara Kejurnas 3x3 2023, yaitu Makassar, dalam hal ini Perbasi Kota Makassar. Apresiasi kepada ibu ketua umum, Ibu Indira Yusuf Ismail, dan tentu berkat dukungan dari Jamin Mattotorang selaku Wakil Ketua Umum PP Perbasi,” ujarnya.

“Tiga hal yang perlu saya sampaikan dalam Kejurnas ini, yaitu bertanding untuk bersanding, sportivitas, dan persahabatan. Kita lihat pertandingan yang disajikan sangat menarik, merata, dan menghibur.”

“Kehadiran peserta dari Sumatera Utara yang bertanding dengan mengirim tim terbaiknya. Peserta dari tuan rumah Sulawesi Selatan berhasil meraih medali emas di KU-22 putra dan putri. Ini sejarah perbasketan Indonesia,” tutur CdM Indonesia pada SEA Games 2023 itu.

Selain itu, Perbasi DKI Jakarta juga memiliki harapan terkait Kejurnas 3X3 mendatang.

Lexy yakin PP Perbasi bisa menggelar Kejurnas 3X3 mendatang lebih baik dan kompetitif dari tahun ini.

Penentuan waktu Kejurnas harus dipertimbangkan matang sehingga tim-tim peserta yang ikut serta lebih maksimal.

“Niat dari PP Perbasi menyelenggarakan Kejurnas 3x3 punya tujuan sangat baik. Ke depannya, tinggal bagaimana penyelenggaraan bisa dipersiapkan jauh-jauh hari. Jika demikian, harapan tingkat partisipasi provinsi yang ikut bisa maksimal.”

“Perlu juga pertimbangan lebih matang terkait pemilihan tanggal Kejurnas agar tidak berbenturan atau berdekatan dengan turnamen-turnamen skala nasional lain. Dengan begitu, pemain-pemain terkait tak kesulitan untuk ikut serta di Kejurnas 3X3 ini,” tutur Lexy.

Pada Kejurnas Basket 3X3 2023 ini memang tidak semua provinsi ambil bagian. Tercatat, hanya 13 provinsi yang ikut berkompetisi.

Itu pun dengan catatan tak semua provinsi peserta mengirimkan tim untuk semua kategori usia yang dipertandingkan.

Artinya, tingkat keikutsertaan selevel Kejurnas Basket 3X3 terbilang belum maksimal.

Meski demikian, PP Perbasi tetap mengapresiasi penyelenggaraan Kejurnas Basket 3X3 2023 yang mana Makassar menjadi tuan rumah.

Setidaknya, perhelatan kali ini bisa pelajaran berharga sekaligus melecut ekosistem basket, khususnya di Makassar.

“Penyelenggaraan Kejurnas Basket 3×3 di Makassar ini sangat luar biasa. Semangat basket di Makassar sangat luar biasa."

"Terima kasih kepada semua pihak yang sudah bahu-membahu membangun ekosistem basket di sini. Mudah-mudahan penyelenggaraan seperti ini bisa berjalan di kota lain,” ujar Nirmala Dewi, Sekjen PP Perbasi, secara terpisah.

Sementara itu, FIBA 3X3 Asia Manager, Vivian Wang, yang turut hadir menyaksikan Kejurnas Basket 3X3 2023 didampingi Ketua Umum PP Perbasi, Danny Kosasih, dan Sekjen Nirmala Dewi berharap event basket 3X3 akan lebih menjamur ke depannya.

"Dua hari ini saya sudah menonton pertandingan dan saya senang kegiatan ini digelar di Makassar. Kami harap akan lebih banyak event 3×3 yang dihelat di berbagai kota di Indonesia,” kata Vivian Wang.

Sebanyak 13 provinsi yang akan berpartisipasi pada Kejurnas Basket 3X3 2023 ini antara lain Sumatera Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Jawa Barat, DKI Jakarta, Bali, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, dan Papua Selatan.