Bagikan:

JAKARTA – Ganda putri Indonesia, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti, melangkah ke babak kedua Australian Open 2023, Selasa, 1 Juli. Unggulan ketujuh itu memperpanjang langkah mereka setelah menghentikan pasangan Korea, Lee Yu Lim/Shin Seung Chan, dua gim langsung 24-22 dan 21-15 di Quay Center, Sydney Olympic Park, Sydney.

"Hasil ini tentu menambah rasa percaya diri kami untuk menghadapi pertandingan ke depan. Cuma, kami harus bisa lebih konsisten dan fokus setiap turun bertanding," kata Fadia setelah pertandingan.

Di babak kedua nanti, pasangan pemilik medali emas SEA Games 2022 ini akan menghadapi pemenang dari Setyana Mapasa/Angela Yu melawan pasangan Jepang, Rui Hirokami/Yuna Kato.

"Siapa pun lawannya nanti, kami harus lebih siap. Saya harus bisa lebih konsisten dalam bertanding. Saya harus menyiapkan pola pikir yang baik. Saya juga harus siap capek," ujar Fadia.

Selain Apri/Fadia, ganda putri Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi juga melaju ke babak kedua. Mereka lolos setelah mengalahkan Tanisha Crasto/Ashwini Ponnappa (India).

Di babak kedua nanti, Febriana/Amalia akan berhadapan dengan pasangan Jepang, Rena Miyaura/Ayako Sakuramoto, yang lolos setelah menghentikan Paula Lynn/Lauren Lam.

Tahun lalu Febriana/Amalia juga menghadapi pasangan Jepang tersebut, tetapi mereka menyerah dua gim langsung ketika itu. Itu adalah satu dari dua kekalahan yang pernah mereka derita, termasuk tahun ini di Swiss Open.

"Untuk melawan wakil Jepang di babak kedua, kami harus bisa bermain lebih siap lagi. Kami ingin membalas kekalahan tahun lalu," kata Amalia.

Ganda putra Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin juga berhasil mengamankan tiket babak kedua setelah menghentikan Rizky Hidayat/Frengky Wijaya yang memperkuat Australia.

Total Indonesia sudah mengamankan lima tiket babak 16 besar ajang Super 500 BWF ini. Dua tiket lainnya dikantongi oleh Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan.

Sementara itu, ganda putra Sabar Karyaman Gutama/Muhammad Reza Pahlevi Isfahani harus pulang lebih awal dari turnamen. Mereka menyerah 19-21, 16-21 dari Akira Koga/Taichi Saito asal Jepang dalam laga berdurasi selama 39 menit.