Bagikan:

JAKARTA – Liga Pro Arab Saudi saat ini menawarkan gaji terbesar dalam sepak bola internasional. Berikut ini 10 pesepak bola dengan upah tertinggi di kompetisi tersebut.

Sejak kepindahan mega bintang Portugal Cristiano Ronaldo ke Al Nassr pada akhir tahun lalu dari Manchester United, banyak pemain mulai meninggalkan Eropa dan memilih berlabuh di negara Timur Tengah itu.

Jordan Henderson adalah nama besar terbaru yang menjadikan Arab Saudi sebagai destinasi barunya. Pemain 33 tahun itu meninggalkan Liverpool untuk petualangan baru bersama Al-Ettifaq.

Nama lain yang tidak kalah beken adalah Riyad Mahrez. Dia baru saja menyelesaikan kepindahannya senilai 30 juta poundsterling dari Manchester City ke Al-Ahli.

Kedua nama ini akan bergabung dengan Ronaldo, Karim Benzema, dan N'Golo Kante serta beberapa nama populer lain. Di Arab Saudi mereka mendapat bayaran yang sangat tinggi.

Berikut Ini 10 Pemain dengan Bayar Tertinggi di Liga Pro Arab Saudi:

Cristiano Ronaldo

Pemilik lima gelar Ballon d'Or ini adalah pelopor eksodus besar-besaran menuju Arab Saudi. Tidak ada yang menyangka mantan pemain Real Madrid itu mau pindah ke Timur Tengah.

Ronaldo meneken kontrak bernilai 3,4 juta poundsterling (Rp65,9 miliar) per minggu yang ditandatangani hingga Juni 2025. Angka ini menjadikan CR7 atlet dengan bayaran tertinggi di dunia saat ini.

Karim Benzema

Pemenang Ballon d'Or terbaru tersebut merupakan pemain dengan bayaran tertinggi kedua di Timur Tengah. Menurut laporan, pemain internasional Prancis itu menerima Rp63,9 miliar per pekan.

Total eks pemain Real Madrid ini menerima 3,1 triliun rupiah per tahun. Angka tersebut cukup timpang dari yang dia terima kala masih berseragam Los Blancos, yakni Rp392, 871 miliar per tahun.

N'Golo Kante

Kante akan bergabung dengan Karim Benzema dan Jota di Al-Ittihad. Di klub baru itu, pemain internasional Perancis tersebut mendapatkan bayaran Rp31 miliar per pekan.

Itu adalah jumlah yang mencengangkan mengingat musim-musim terakhirnya yang dilanda cedera. Dengan duit sebanyak itu dia bisa mendapatkan mobil baru untuk Mini Cooper bekas yang telah ia pakai selama bertahun-tahun.

Riyad Mahrez

Mahrez, 32 tahun, mengucapkan selamat tinggal kepada Manchester City dan menandatangani kontrak dengan Al-Ahli bernilai 750 ribu poundsterling per pekan.

Di klub baru tersebut Mahrez akan bermain bersama mantan kiper Chelsea Edouard Mendy. Namun, nama Mendy tidak masuk dalam 10 besar pemain dengan bayaran tertinggi di Arab Saudi.

Jordan Henderson

Henderson, yang merupakan pemain internasional Inggris, menandatangani kontrak tiga tahun dengan Al-Ettifaq. Dia dilaporkan menerima bayaran 692 ribu pound (Rp13 miliar) per pekan.

Jumlah tersebut menjadikan Henderson pemain Inggris dengan gaji tertinggi di dunia. Dia akan bergabung dengan legenda Liverpool, Steven Gerrard, yang melatih klub.

Kalidou Koulibaly

Mimpi buruk Koulibaly di Chelsea berakhir bulan lalu saat ia menandatangani kontrak dengan Al-Hilal yang bernilai 20 juta poundsterling.

Pemain berusia 32 tahun ini gagal untuk memenuhi ekspektasi di Stamford Bridge sebelum memutuskan menerima tawaran 30 juta poundsterling per tahun atau 576 ribu pound per pekan di Timur Tengah.

Marcelo Brozovic

Finalis Liga Champions Eropa musim lalu ini sebenarnya memiliki banyak pilihan termasuk Juventus. Namun, mantan gelandang Inter Milan berusia 30 tahun itu menolak untuk bertahan di Serie A demi kesempatan di Al-Nassr.

Ia akan bergabung dengan Ronaldo dan Seko Fofana. Di sana dia bakalan menerima bayaran besar senilai 403 ribu poundsterling (Rp7,8 miliar) per tahun.

Roberto Firmino

Roberto Firmino meninggalkan Liverpool pada akhir Juni lalu setelah kontraknya berakhir. Dia pun kemudian mendapatkan beberapa tawaran, tetapi tawaran dari Al-Ahli terlalu bagus untuk ditolak.

Pemenang Liga Premier Inggris dan Liga Champions Eropa tersebut akan menerima 326 ribu poundsterling di klub barunya. Jumlah itu membuat dia masuk 10 besar mengungguli Ruben Neves dan Seko Fofana yang berada di dua tempat terakhir daftar ini.

Ruben Neves

Ruben Neves direkrut oleh Al Hilal senilai 47 juta poundsterling. Dia meninggalkan Wolverhampton Wanderers setelah enam tahun membela klub tersebut.

Bersama Al Hilal, Neves akan menerima 288 ribu poundsterling per pekan. Jumlah itu sudah lebih dari cukup untuk menghidupi dirinya serta keluarganya.

"Faktor utamanya adalah keluarga saya dan kesempatan untuk memberikan kehidupan yang selalu saya impikan untuk mereka. Itulah alasan terbesar buat saya untuk tidak ragu menerima tawaran Al Hilal," kata dia dilansir The Sun.

"Saya memiliki tiga anak dan seorang istri yang cantik, dan saya harus merawat mereka, itulah trofi terbesar dalam karier saya," ia menambahkan.

Seko Fofana

Di usianya yang baru 28 tahun, Fofana sedang berada di masa jayanya. Ia sempat dikaitkan dengan kepindahannya ke Arsenal, tetapi pada akhirnya memilih pindah ke Al Nassr untuk bermain bersama Ronaldo.

Klub sebelumnya Lens sebenarnya telah lolos ke Liga Champions Eropa. Namun, hal tersebut tidak cukup untuk meyakinkan dirinya untuk tetap tinggal di Perancis sehingga ia memilih menerima gaji 250 ribu pound per pekan di Al Nassr.