Klub Liga Pro Arab Saudi Sudah Habiskan Rp6,73 Triliun, tapi Perburuan Belum akan Berhenti
Klub Liga Pro Arab Saudi mendatangkan pemain bintang Eropa. (Foto: Twitter/@ittihad_en)

Bagikan:

JAKARTA - Gebrakan dibuat klub Liga Pro Arab Saudi di bursa transfer musim panas ini. Sejumlah pemain top dari Eropa berhasil diboyong ke Timur Tengah.

Apakah geliat sudah berhenti? Jawabannya tidak. Klub Liga Pro Arab Saudi dipastikan masih akan tetap mendatangkan pemain-pemain top di masa mendatang.

Hal ini diungkapkan eksekutif liga Peter Hutton.

Menurut laporan Daily Mail, klub-klub Arab Saudi telah mengeluarkan lebih dari 350 juta poundsterling (sekitar Rp6,73 triliun) di bursa transfer musim panas ini. Tujuannya membuat Liga Pro Arab Saudi menjadi salah satu yang populer di dunia.

Pemain-pemain dari Chelsea, Manchester City dan Bayern Muenchen berhasil digoda untuk bermain di Arab Saudi. Sementara itu Al-Hilal memberikan tawaran 259 juta poundsterling (sekitar Rp4,98 triliun) untuk memboyong Kylian Mbappe dari PSG bulan lalu.

"Saya rasa anggarannya sudah ada untuk beberapa tahun lagi, saya tidak lihat kami (liga Arab Saudi) melambat," kata Peter Hutton, seperti dikutip dari Antara.

"Saya sudah bekerja di bidang olahraga selama 40 tahun dan saya tidak pernah melihat proyek sebesar, seambisius dan berusaha untuk sukses seperti ini."

"Investasi dari Arab Saudi sangatlah luar biasa. Sungguh akselerasi yang besar," lanjutnya.

Dia menganggap bahwa Eropa masih tetap daya tarik besar bagi dunia sepak bola, tetapi akan bagus bahwa sepak bola memiliki kekuatan di seluruh dunia.

Liga Arab Saudi mulai dilirik para pecinta sepak bola sejak Al-Nassr merekrut megabintang global Cristiano Ronaldo setelah dia hengkang dari Manchester United pada awal tahun ini.

Hutton mengatakan transfer itu menyebabkan 170 negara berbeda menjalin kesepakatan untuk menyiarkan pertandingan Liga Pro Arab Saudi di seluruh dunia.

Sejak saat itu, Dana Investasi Publik (PIF) Arab Saudi telah mengambil alih empat klub terkemuka dan menginvestasikan dana demi mendatangkan bakat-bakat terbaik dunia.

Benzema bergabung dengan Al-Ittihad setelah meninggalkan Real Madrid, sementara mantan kapten Liverpool Henderson menyelesaikan transfer ke Al-Ettifaq, yang dilatih oleh Steven Gerrard, musim panas ini.

N'Golo Kante, Roberto Firmino, Ruben Neves, Riyad Mahrez dan Sadio Mane adalah nama-nama top lainnya yang telah pindah dari kompetisi Eropa ke Liga Pro dalam beberapa pekan terakhir.