Cuci Gudang, Chelsea Siap Kirim Romelu Lukaku dan Kolega ke Arab Saudi
Striker Romelu Lukaku bakal dilepas Chelsea k Arab Saudi. (X/@OfficialASRoma)

Bagikan:

JAKARTA - Chelsea merencanakan cuci gudang dengan melepas sejumlah pemain. Mereka bakal ditawarkan ke klub-klub Arab Saudi, termasuk striker Romelu Lukaku yang saat ini dipinjam AS Roma.

Pimpinan klub yang juga salah satu pemilik, Todd Boehly, secara diam-diam terbang ke Arab Saudi. Bukan untuk menyaksikan pertandingan sepak bola di Liga Pro Arab Saudi atau memantau pemain, Boehly justru melakukan perjalanan bisnis.

Dirinya bertemu dengan Direktur Sepak Bola Liga Pro, Michael Emanalo, untuk membahas transfer para pemain Chelsea. Emanalo sendiri pernah menjabat sebagai Direktur Teknik klub London Barat itu.

Ya, Boehly berharap bisa menjual sebagian pemain. Pasalnya, The Blues sudah memiliki skuat yang gemuk dengan gaji yang rata-rata relatif tinggi.

Bahkan, Chelsea sudah mengumumkan kerugian sebelum pajak sebesar 90 juta poundsterling atau sekira 1,7 triliun rupiah. Angka itu diperkirakan bertambah menjadi 100 juta poundsterling pada akhir Juni 2024.

Ini menjadikan klub harus melepas sejumlah pemain agar tetap mematuhi aturan finansial, khususnya Profitability and Sustainability Rules.

Ini yang menjadikan Boehly merasa perlu terbang ke Arab Saudi demi menjual para pemain. Apalagi sebelumnya, Chelsea sukses melepas para bintang seperti N’Golo Kante, kiper Edouard Mendy dan Kalidou Koulibably yang sudah bermain di Arab Saudi.

Menurut rencana, Chelsea bakal melepas Lukaku dan kiper Kepa Arrizabalaga. Keduanya berada dalam daftar paling atas pemain yang hendak dijual.

Lukaku sesungguhnya hendak dipermanenkan Roma. Namun, belum ada kepastian dari klub Serie A Italia ini untuk merekrut Lukaku secara permanen.

Chelsea masih memiliki kontrak Lukaku sampai dua tahun ke depan. Sedangkan gajinya mencapai 325 ribu poundsterling setiap pekan.

Lukaku memiliki klausul rilis sebesar 37 juta poundsterling. Roma berharap Chelsea menurunkan harga Lukaku agar mereka bisa membelinya. Namun, angka sebesar itu tidak terlalu berarti bagi klub-klub Liga Pro Arab Saudi.

Sedangkan Kepa masih dipinjam Real Madrid. Hanya saja, Madrid kemungkinan besar tidak akan mempermanenkan eks kiper timnas Spanyol ini.

Dengan kontrak yang masih 12 bulan lagi, Chelsea berharap bisa menjualnya. Apalagi, Chelsea sudah memiliki dua kiper yang lumayan tangguh, Djordje Petrovic dan Robert Sanchez.

Selanjutnya, Chelsea siap mengirim Conor Gallagher, Armando Broja dan Trevoh Chalobah ke Arab Saudi.

Gallagher merupakan bintang muda yang kontraknya akan berakhir pada tahun depan. Namun, klub tak kunjung memperbarui kontraknya yang menjadi sinyal pemain berusia 23 ini bakal dilego.

Broja sudah kehilangan tempat di sektor depan Chelsea. Buntutnya, dia dipinjamkan ke klub tetangga sebelah, Fulham.

Sedangkan Chalobah baru bermain lima kali karena sudah didera cedera. Dirinya butuh kesempatan bermain lebih banyak sehingga bakal dilepas Chelsea.

Masih ada lagi pemain yang siap dijual Chelsea. Bek Marc Cucurella sudah sulit masuk tim utama sehingga siap berkemas-kemas meninggalkan Stamford Bridge.

Hanya saja, tidak semua pemain bakal diterima klub Arab Saudi. Namun, Lukaku kemungkinan menjadi incaran karena dirinya sudah mendapat penawaran bermain di Liga Pro Arab Saudi.