Penting! Kiat Merawat Eksterior Mobil saat Musim Hujan, Lakukan Ini
Ilustrasi perawatan cat mobil/(Foto: Afrizal/VOI) 

Bagikan:

JAKARTA - Bicara perawatan mobil tak selalu pada bagian mesin, bagian bodi juga salah satu hal yang harus diperhatikan agar tampilan eksterior tetap enak dipandang, apalagi saat musim hujan. 

Teruntuk musim hujan yang kini memang sedang mengguyur beberapa wilayah di Indonesia, perawatan mobil pada bagian luar tergolong mudah, terutama bagi yang sudah membawanya ke salon khusus dengan melakukan treatment seperti coating. 

"Musim hujan itu lebih baik maintenance (untuk membersihkan eksterior mobil), jadi lakukan bilas pada bagian luar setelah hujan," kata Direktur Operasional Autoglaze, Allan Novatan, saat dihubungi VOI, Rabu, 13 Maret. 

Lebih lanjut ia mengatakan untuk membersihkannya bisa menggunakan air bersih, dan direkomendasikan tidak menunda banyak waktu alias dilakukan maksimal 24 jam setelah melewati hujan. 

"Lalu bilas dengan air maksimal 24 jam sesudah hujan," tambahnya. 

Seperti diketahui ketika terpaksa menerobos hujan akan banyak kotoran yang melekat di beberapa sisi kendaraan, dengan memaksimalkan hal di atas tentu akan sangat membantu merawat bodi tetap baik. 

Selain membilas dengan air bersih, ia menyarankan pemilik kendaraan disarankan untuk mengeringkan kendaraannya dengan menggunakan lap atau kain khusus agar tidak memberikan efek buruk untuk bodi kendaraan. 

"Kain ini merupakan kain sintetis yang terbuat dari 80 persen bahan polyester dan 20 persen polyamide, jadi gramnya itu minimal 300 gram jadi lebih tebal. Kalau kita pakai yang tebal itu kan lebih lembut jadi lebih aman ketika digunakan," tutupnya.