Bagikan:

JAKARTA - Erdian Aji Prihartanto alias Anji dikenal sebagai penyanyi dan penulis lagu yang bersuara keras soal royalti musik. Ia merasa banyak lagu ciptaannya tidak mendapat hak ekonomi sebagaimana mestinya.

Beberapa waktu lalu, Anji juga menuliskan daftar lagu ciptaannya yang dinyanyikan penyanyi lain, namun tidak menghasilkan royalti sebagaimana diyakini.

Oleh karenanya, Anji memutuskan untuk membawakan lagu ciptaannya untuk penyanyi lain dengan mengaransemen ulang lagu tersebut.

“Kenapa saya membawakan beberapa lagu lama, salah satunya itu. Saya kan tidak mendapatkan royalti dari lagu-lagu itu ketika dibawakan di panggung,” kata Anji saat ditemui di Kemang, Jakarta Selatan pekan lalu.

Orang Yang Berbeda, single terbarunya, merupakan lagu yang diciptakan dan dibawakan Chintya Gabriella dengan judul Percaya Aku.

Pada album baru bertajuk Samsara yang direncanakan keluar tahun ini, Anji juga menjadikan lagu lama ciptaannya sebagai materi. Lagu-lagu tersebut sudah pernah dibawakan penyanyi lain sebelumnya.

“Jadi, saya bawain dengan versi saya sendiri. Dan selain dari sisi royalty performing rights itu juga saya pengin membuat konsep yang Samsara. Itu kan artinya terlahir kembali,” kata Anji.

“Anji terlahir kembali menjadi musisi, dan karyanya juga ada yang terlahir kembali. Jadi, memang konsepnya disatuin,” tandasnya.