Andai Ku Tahu: Karya Grup Band Ungu yang Jadi Lagu Religi Saat Ramadan
Grup band Ungu yang terkenal dengan lagu religi Andai Ku Tahu, dan kerap diputar di Bulan Ramadan. (VOI/Ivan Two Putra)

Bagikan:

JAKARTA - Andai Ku Tahu merupakan salah satu lagu Ungu dari album religi SurgaMu (2006) yang sering diputar saat memasuki bulan suci Ramadan. Lagu yang ditulis Pasha ini mengajak manusia untuk merefleksikan kehidupannya.

Berbeda dari banyak lagu religi, Andai Ku Tahu tidak terbatas hanya pada Ramadan. Personel Ungu mengaku kerap diminta membawakan lagu tersebut meski bukan berada di momen bulan suci.

Enda justru merasa Andai Ku Tahu adalah lagu pop yang menjadi lagu religi saat bulan suci Ramadan tiba.

“Pada akhirnya dia (Andai Ku Tahu) masuk lagu pop,” kata Enda saat ditemui di Kantor Trinity Optima Production, Jakarta Selatan pekan lalu.

“Dia jadi lagu religi pas bulan Ramadan doang, di luar itu jadi lagu pop,” lanjutnya.

Hal serupa juga terjadi pada lagu Ungu lainnya yang berasal dari album religi, seperti Dengan NafasMu yang berada dalam album Aku Dan Tuhanku (2008).

Lebih lanjut, Makki menyebut kedua lagu tersebut tidak diaransemen layaknya lagu religi yang tradisional. Bahkan, liriknya pun menjadi lagu yang didengar orang lain yang bukan memeluk agama Islam.

“Ya mungkin lagu itu meski diperkenalkan di bulan Ramadan, tapi bukan lagu yg tradisional religi. Kita nggak berusaha untuk begitu,” kata Makki.

“Kalau istilah kita itu cerita refleksi kita sendiri, lagu itu nggak menggurui, lagu itu ceritanya buat semua orang, yang bukan orang Islam juga bisa relate sama lagu itu,” sambungnya.

Sebagai informasi, Ungu juga baru meluncurkan extended play (EP) atau album mini baru bertajuk Baik dan Burukmu Tuhan Yang Tahu. Dalam rangka menyambut Ramadan, terdapat dua lagu yang diperkenalkan, yaitu Baik dan Burukmu, dan Tuhan Yang Tahu.