Persebaya Hadapi Persija Tanpa Simic, Aji Santoso Tetap Pasang Waspada Tinggi
Pelatih Persebaya Surabaya Aji Santoso. (Instagram-@officialpersebaya)

Bagikan:

JAKARTA - Persebaya Surabaya akan melakoni laga tandang di pekan ke-5 Liga 1 2023/2024 dengan melawat ke markas Persija Jakarta pada Minggu, 30 Juli malam. Persebaya mengantongi celah untuk memetik kemenangan karena tuan rumah bakal tampil tanpa striker andalannya, Marko Simic.

Pemain asal Kroasia itu dipastikan absen hingga enam pekan ke depan pascamengalami cedera. Ia bahkan harus terbang ke Serbia untuk menjalani pemulihan.

Situasi itu sejatinya jadi hal menguntungkan bagi Bajul Ijo, sebab absennya sang striker andalan Macan Kemayoran diprediksi bakal membuka celah bagi mereka untuk mencetak angka.

Kendati begitu, Aji Santoso selaku pelatih Persebaya tak mau jumawa. Baginya, meski tuan rumah bakal timpang tanpa Simic tapi bermain dengan waspada tinggi harus tetap diterapkan oleh anak asuhnya.

Sebab bagi Aji Santoso dibawah asuhan Thomas Doll Persija tampil lebi berkembang dan mulai mengedepankan pola permainan kolektif. Dimana itu berarti kekuatan Macan Kemayoran tak hanya bertumpu pada satu sosok pemain saja.

“Saya lihat semenjak Persija dilatih oleh coach Thomas Doll, dia lebih mengedepankan kolektivitas tim, yang mana dia tidak terlalu mengandalkan satu atau dua sosok pemain,” ungkap Aji Santoso menanggapi keuntungan yang bisa diraih timnya menghadapi Persija yang tanpa Simic.

Di sisi lain, laga pekan ke-5 ini diakui Aji Santoso juga bukan momen yang cukup baik untuk tim. Pasalnya dalam laga tandang ke Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) itu, Bajul Ijo juga menghadapi beberapa kendala dengan absennya sejumlah pemain kunci.

“Sama juga dengan Persebaya, (di kami) ada beberapa pemain yang tidak bisa main. Seperti Ernando (Ari), dia dipastikan tidak bisa tampil dan berangkat ke Jakarta karena kondisi kurang fit,” tambah Aji Santoso saat konferensi pers, Sabtu 29 Juli.

Laga kedua tim nanti akan menjadi catatan pertemuan keempat untuk Aji Santoso dan Thomas Doll sebagai pelatih. Sebelum ini keduanya sempat bertemu dua kali di agenda Liga 1 dan satu laga uji coba pramusim.

Hasilnya Thomas Doll unggul karena sempat menghantarkan Persija menang satu kali dan dua laga lainnya seri. Catatan itu bisa jadi acuan bagi Aji Santoso untuk menorehkan hasil berbeda dengan kemenangan di laga nanti.