Bagikan:

JAKARTA - Pebalap MotoGP asal Spanyol, Marc Marquez, masih memiliki kontrak hingga tahun depan bersama Repsol Honda. Namun dengan situasi saat ini, Alberto Puig selaku manajer tim, tak menutup pintu keluar andai sang pebalap merasa tak kerasan bersama Honda.

Saat ini Marquez bersama Honda tengah berada di situasi yang tak mudah. Keduanya tergeser dari jajaran atas klasemen pebalap maupun tim. Dari delapan seri yang telah berlangsung di MotoGP musim 2023, Marquez dan Honda tak lagi jadi topik dalam perebutan posisi papan atas.

Di saat situasi yang tak mudah, berembus kabar bahwa hubungan keduanya juga tak harmonis. The Baby Alien dianggap tak puas dengan performa motor RC213V yang ditunggangi.

Ketidakpuasan itu dianggap sebagai alasan kuat tim pabrikan untuk mempersilahkan Marquez untuk pergi jadi terbuka lebar.

Isyarat itu disampaikan Puig. Dia menyebut bahwa Marquez memang masih terikat kontrak kerja hingga tahun depan tapi segala kemungkinan di dalamnya tetap bisa terjadi.

"Saya harus menjawab pertanyaan (soal kelanjutan Marquez di 2024) dengan 'ya' karena kami memiliki kontrak," kata Puig dikutip dari Speedweek pada Senin, 26 Juni.

"Pada saat bersamaan, saya harus menyebutkan kalau semua orang bisa melakukan apapun yang mereka inginkan. Dan Honda bukan perusahaan yang memaksa pekerjanya tetap tinggal jika dia tak senang berada di Honda," sambungnya.

Puig mengatakan, Honda memiliki respek besar kepada Marc. "Saya berharap dia akan tinggal. Di sisi lain, saya tidak memiliki bola untuk meramal," lanjut Puig menegaskan.

Situasi pebalap asal Spanyol itu juga terasa berat karena dari lima seri balapan yang diikuti, Marquez tercatat 15 kali mengalami kecelakaan. Bahkan di seri MotoGP Jerman pekan lalu, ia mengalami crash hingga lima kali.

Insiden dua kali di MotoGP Belanda juga menambah sulit situasi Marc Marquez saat ini.

Dalam perburuan gelar juara musim 2023, Marc Marquez berada jauh dari persaingan peringkat atas. Setelah mundur dari balapan MotoGP Belanda 2023, Marquez kini menempati peringkat ke-19 di klasemen pebalap dengan 15 poin.