Bagikan:

JAKARTA – Pebalap tim pabrikan Ducati asal Italia, Francesco Bagnaia memenangi seri balap MotoGP Belanda. Seri balap ini digelar di Sirkuit Assen pada Minggu 25 Juni 2023.

Bagnaia memenangi balapan yang digelar sebanyak 26 lap itu dengan waktu 40 menit 37.640 detik. Di posisi runner up menyusul sesama pebalap asal Italia, Marco Bezzechi. Pebalap yang membela tim Mooney VR46 itu masuk finis 1,2 detik lebih lambat di belakang Bagnaia.

Podium ketiga ditempati oleh pebalap asal Spanyol, Aleix Espargaro. Memperkuat tim pabrikan asal Italia, Aprilia, Espargaro masuk finis hampir dua detik lebih lambat di belakang Bezzechi.

Berkat kemenangan ini, Bagnaia semakin kokoh berada di puncak klasemen dengan nilai 194. Ini juga merupakan kemenangan beruntun dia, setelah pekan lalu memenangi seri balap MotoGP Jerman di Sirkuit Sachsen.

Seri balap MotoGP Belanda juga ditingkahi dengan kegagalan beberapa pebalap top mencapai garis finis. Mereka adalah Fabio Quartararo (Yamaha), Jack Miller (KTM), Johann Zarco (Pramac Ducati), dan Maverick Vinales (Aprilia).

MotoGP Belanda juga diwarnai dengan kegagalan Marc Marquez turun balapan. Pebalap juara 6 kali MotoGP itu menderita cedera tulang rusuk, sehingga harus absen. Brand Binder (KTM) yang masuk finis di urutan tiga dihukum turun satu peringkat karena di lap terakhir motornya melampaui batas lintasan, sehingga podium ketiga menjadi milik Espargaro.