Shin Tae-yong Puji Mental Timnas Indonesia: Tak Kalah Jauh dari Argentina
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (tengah). (Foto: Ulfa Gusti Utami/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memberikan apresiasi tinggi pada anak asuhnya setelah laga kontra Argentina di FIFA Matchday, Senin, 19 Juni. Meski kalah, ia menyebut mental timnya tak kalah jauh dengan sang lawan.

Dalam pertandingan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, gawang Timnas Indonesia yang dijaga Ernando Ari hanya dua kali dibobol tim asuhan Lionel Scaloni. Pertama oleh Leandro Paredes pada menit ke-38 dan Cristian Romero menit ke-55.

Hasil akhir ini jelas tak membuat Shin Tae-yong puas karena gagal memetik tiga poin. Namun, pelatih asal Korea Selatan ini tak sepenuhnya kecewa, tapi tetap merasa bangga dengan tim.

Menurut Shin, Asnawi Mangkualam dan kawan kawan telah menunjukan kemampuan terbaik saat menghadapi tim sekelas Argentina. Hal ini yang membuat sang pelatih menilai bahwa mental anak asuhnya tak kalah jauh dengan apa yang ditampilkan pasukan Albiceleste.

"Memang tim Argentina itu permainannya sangat bagus, itu yang saya rasakan, memang sangat baik. Tetapi secara mental para pemain Timnas Indonesia juga tidak kalah jauh,” ujar Shin saat sesi jumpa pers usai laga.

Meski hasil laga ini belum sepenuhnya membuat Shin puas, tapi ia berharap laga kontra Argentina bisa membangkitkan motivasi agar pemainnya bisa terus berkembang. Itu diungkap sang pelatih mengingat lawannya kali ini merupakan tim ranking satu sekaligus juara Piala Dunia 2022.

"Jadi dengan pengalaman-pengalaman seperti ini (melawan tim top) ya saya berharap semoga ini jadi motivasi bagi para pemain agar bisa berkembang kedepannya," tutur pelatih berusia 53 tahun ini.

"Dan saya ingin sampaikan kepada para pemain bahwa saya ingin ucapkan terima kasih karena sudah bekerja keras," imbuh Shin.

Kebobolan dua gol saat menghadapi tim nomor satu dunia jelas menjadi hasil yang patut diapresiasi, karena hal ini menunjukan bahwa timnas Indonesia juga bisa bersaing di tengah tekanan. Kemampuan Skuad Garuda yang terus meningkat juga dibuktikan dari hasil laga sebelumnya.

Dalam FIFA Matchday pertama timnas, mereka mampu menunjukan penampilan yang juga baik. Menghadapi timnas Palestina syadi Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Jawa Timur pada 14 Juni lalu timnas mampu menutup laga dengan menahan imbang lawan 0-0.