Cara Atur Napas Saat Sit Up Agar Tidak Mudah Lelah dan Terhindari dari Keram Otot
Ilustrasi sit up. (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Tahukah Anda bahwa saat sit up nafas perlu diatur dengan baik? Mengatur napas saat sit up atau dalam olahraga lain membantu memaksimalkan energi, mengatur kinerja jantung, hingga mengurangi risiko keram otot. Lalu, bagaimana cara atur napas saat sit up?

Cara Atur Napas Saat Sit Up

Olahraga tidak hanya berkaitan dengan otot saja, namun dengan napas. Ketika berolahraga, kinerja jantung akan makin berat dengan meningkatkan pasokan darah ke otot. Kondisi ini secara alamiah terjadi. Selain itu, saat olahraga, darah juga harus teroksigenasi dengan baik karena akan berdampak pada kinerja otot sehingga teknik bernapas juga berpengaruh pada gerakan olahraga termasuk sit up.

Saat sit up usahakan untuk tidak menahan napas terlalu sering. Meski sebagian orang menganggap bahwa menahan napas saat sit up wajar terjadi, namun hal itu justru jadi kebiasaan yang kurang baik.

Sedangkan cara bernapas saat sit up adalah dengan mengembuskan napas ketika otot bekerja keras, sedangkan saat otot sedikit rileks usahakan untuk menarik napas. Anda juga bisa buang napas saat mengangkat atau menarik tubuh ke atas dan ambil napas ketika menjatuhkan badan ke lantai.

Anda juga bisa melakukan pengaturan napas saat olahraga dengan bernapas lewat mulut. Hal itu dilakukan agar tidak mudah lelah ketika olahraga berat. Cobalah untuk menarik napas lewat mulu dalam-dalam lalu membuangnya dengan perlahan. Pastikan pula perut ikut mengembang ketika mengambil napas agar ritmenya teratur dan tidak bernapas secara terburu-buru.

Pengaturan napas juga disesuaikan dengan gerakan saat olahraga. Usahakan untuk menyesuaikan ritme olahraga yang Anda lakukan. Hindari bernapas secara terburu-buru atau terengah-engah. Usahakan untuk tidak berolahraga di tempat dengan tingkat polusi udara tinggi agar kesehatan paru-paru tetap terjaga. Anda bisa berolahraga di ruang terbuka hijau atau di salah satu sudut rumah yang memiliki pepohonan.

Itulah cara atur napas saat sit up. Untuk mendapatkan informasi menarik lainnya kunjungi VOI.ID.