Alternatif Olahraga Kardio Selain Lari: Tenang, Beberapa Olahraga Ini Tidak Ribet Kok!
Alternatif Olahraga Kardio Selain Lari angtara lain berenang. (Ilustrasi Freepik.com)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Kalau hidup ingin sehat lakukanlah olahraga kardio. Namun sebelum kalian memulainya. Ingatllah bahwa lari bukanlah satu-satunya olahraga kardio melainkan banyak pilihannya. Penasaran apasaja alternatif olahraga kardio selain lari?

Mengenal Olahraga Kardio

Bila bicara terkait olahraga kardio tentunya olahraga ini merupakan olahraga yang mempunyai tujuan untuk memompa darah dari jantung dan paru-paru kita agar detak jantung meningkat yang ahirnya mencapai titik maksimal untuk pembakaran lemak dan juga kalori. Boleh dikatakan kalau olahraga kardio ini adalah olahraga yang dikususkan untuk Kesehatan jantung kita.

Faktanya, nama olah raga kardio ini juga diambil dari kata Kardiovascular yang artinya terkait dengan sistem jantung dan pembuluh darah pada manusia. Alasannya simpel, karena olahraga ini bisa melatih kerja jantung kita untuk membuat tubuh bisa meraih oksigen secara maksimal.

Tak hanya itu saja loh manfaat dari olahraga kardio, nyatanya olahraga ini bisa juga menaikan stamina kita menjadi maksimal, asal dilakukan dengan benar. Nah tapi masalahnya adalah, banyak orang yang mengira olahraga ini cuma lari saja. Wah kalian harus tahu deh beberapa olahraga yang juga termasuk kedalam olahraga kardio ini, berikut adalah beberapa rekomendasinya;

Alternatif Olahraga Kardio Selain Lari

1. Push Up

Untuk Alternatif yang pertama yaitu kegiatan mudah yang dapat dikerjakan di dalam ruangan buat menggantikan olahraga lari yaitu push up. Olahraga ini bisa membuat peredaran darah serta oksigen kita menjadi maksimal dalam bekerja. Kalian juga tidak butuh mengerjakan kegiatan ini terlau banyak, cukup semampunya dengan metode yang pas serta teratur, itu saja sudah cukup.

2. Latihan Berenang

Untuk metode olahraga kardio yang selanjutnya yaitu adalah berenang. Tahukah kalian, ketika kita berenang, badan bakal memperoleh banyak manfaat sebab nyaris seluruh bagian badan kita akan bergerak. Sebagian manfaat renang antara lain melatih pernapasan, tingkatkan kinerja paru-paru, sampai melatih otot serta tingkatkan kepadatan tulang kita.

3. Sit Up

Kebalikannya dari push up yaitu sit up. Aktivitas ini juga dapat jadi opsi pengganti untuk mereka yang malas untuk berlari. Olahraga sit up juga dapat dikerjakan di dalam ruangan saja serta tidak memerlukan perlengkapan sama sekali. Yang jelas, pastikan kalian melaksanakannya dengan tertib supaya tekanan pada otot dapat berperan secara optimal.

4. Naik Turun Tangga

Kegiatan yang selanjutnya yang sangat gampang buat dicoba yaitu naik turun tangga. Aktivitas semacam ini bisa dicoba di mana saja, termasuk di rumah ataupun di tempat kerja. Naik turun tangga bakal efisien untuk membuat peranan otot bekerja secara optimal tanpa kita sadari. Hasilnya, badan juga bisa senantiasa fit.

5. Lompat Tali

Perlu berolahraga yang rada menantang? Tidak ada salahnya bila kalian memilih olahraga yang satu ini. Yang kalian cuma butuh tali skipping saja yang dapat dengan gampang didapatkan di toko olahraga. Jalani lompat tali selama 5 sampai 10 menit tanpa henti tiap harinya. Jangan lupa atur tempo gerakan tangan yang memutar ketika melakukan lompatan kaki buat menghindari tali skipping.

6. Gerakan Jumping Jacks

Walaupun sama-sama diperagakan dengan berdiri tegak, nyatanya gerakan Jumping Jack tidak memerlukan tali buat melompat. Olahraga pengganti lari ini hanya dilakukan dengan cara melompat dengan membuka kaki serta tangan ke samping sampai ke atas kepala. Jalani gerakan ini secara teratur tiap hari buat memelihara kesehatan jantung serta memperlancar alirah darah dalam badan kalian.

7. Mountain Climbing

Gerakan yang satu ini sebenarnya menyamai posisi memanjat gunung yang curam. Bedanya hanya, gerakan Mountain Climbing hanya diperagakan di dalam ruangan dengan posisi semacam push up. Caranya dengan menekuk lutut kiri serta silangkan ke arah kanan dalam badan yang menghampiri siku kanan. Ubah posisi dengan menyilangkan lutut kanan ke arah kiri dalam badan serta lakukan secara cepat selama 30 sampai 60 detik. Pasalnya, gerakan ini bakal melatih otot tangan, perut, serta kaki secara bersamaan, loh.

Jadi setelah mengetahui apa saja sederetan alternatif olahraga kardio selain lari, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!