Gerakan Workout di Rumah untuk Meningkatkan Masa Otot dan Menjaga Kebugaran
Ilustrasi workout di rumah (Foto: pexels)

Bagikan:

YOGYAKARTA Olahraga adalah aktivitas yang wajib dilakukan oleh setiap orang untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Mengingat kesehatan adalah salah satu investasi berhargadalam hidup. Namun orang dewasa seringkali kesusahan untuk berolahraga karena sibuk bekerja atau aktivitas lainnya. 

Workout di rumah bisa menjadi solusi bagi orang-orang yang sibuk dan malas keluar rumah. Olahraga bisa dilakukan tanpa harus pergi ke tempat gym atau di luar rumah. Anda bisa meluangkan waktu sebentar di pagi hari atau sore hari untuk workout di rumah. 

Ada berbagai gerakan olahraga yang bisa dilakukan di rumah, mulai dari olahraga untuk kardio, masa otot, hingga kebugaran atau kelenturan tubuh. Anda hanya perlu mencari ruangan yang sedikit luas untuk satu orang dan menyiapkan beberapa alat bagi yang ingin olahraga menguatkan otot. 

Gerakan Workout di Rumah untuk Pemula

Olahraga di rumah bisa dilakukan dengan gerakan sederhana. Sebenarnya tidak perlu memakan waktu lama, yang penting adalah rutin menjalaninya. Berikut gerakan-gerakan yang bisa anda lakukan utuk workout di rumah.

Squat

Squad adalah gerakan olahraga yang sangat mudah dan bisa dilakukan dimanapun tanpa bantuan alat. Gerakan ini berfungsi meningkatkan otot-otot bagian bawah tubuh, yaitu kaki, paha, dan bokong. 

Cara melakukan squad sangat mudah, dimulai dengan berdiri tegak. Buka kaki skedua kaki selebar pinggul. Anda juga bisa sambil menjulurkan tangan lurus kedepan. Selanjutnya turunkan tubuh anda, seperti posisi orang ingin berjongkok. Jaga posisi punggung anda tetap lurus jangan membungkuk. Turunkan tubuh sejauh yang anda bisa. Setelah itu angkat kembali tubuh anda dan ulangi sebanyak beberapa kali.

Plank

Plank juga menjadi pilihan gerakan olahraga bagi pemula. Gerakan plank bisa anda lakukan dengan alat bantu berupa matras atau alas yang empuk. Gerakan ini berguna meningkatkan otot seluruh bagian tubuh, mulai dari tubuh atas, tengah, hingga bawah. Plank dapat meningkatkan otot perut, lengan, hingga kaki.

Langkah melakukan gerakan plank dimulai dengan posisi tubuh seperti push up. Topang tubuh bagian tubuh anda menggunakan kedua lengan yang ditekuk 90 derajat. Kuatkan kaki anda untuk menopang tubuh bagian belakang. Tahan posisi tersebut selama beberapa detik. Pastikan punggung dan kaki lurus stabil, dan wajah menghadap ke bawah. 

Push Up

Gerakan yang satu ini paling sering dilakukan saat olahraga di rumah. Push up sangat efektif meningkatkan kekuatan otot pada tubuh bagian atas, yaitu otot dada, lengan, trisep, dan bahu. 

Gerakan push up dilakukan dengan posisi seperti plank. Buka lengah anda selebar bahu dalam posisi di bawah dada. Kuatkan kedua kaki anda untuk menopang tubuh bagian belakang. Kemudian turunkan dada dengan menekuk lengan semampu yang anda bisa. Lalu angkat kembali tubuh anda ke posisi semula. Lakukan gerakan tersebut berulang kali dengan punggu dan kaki tetap lurus.

Sit Up

Push up juga menjadi pilihan gerakan workout di rumah untuk pemula. Anda bisa melakukan push dengan bantuan alat berupa matras agar punggung anda nyaman. Gerakan ini berguna untuk menguatkan otot perut. 

Cara melakukan push up dimulai dengan berbaring lurus di atas matras. Tekuk lutut anda kira-kira 45 derajat dan posisi telapak kaki menyentuh lantai. Kemudian angkat tubuh bagian atas anda hingga siku anda mencapai sebelah lutut. Kemudian baringkan kembali punggung anda seperti semula. Lakukan gerakan secara berulang dengan menjaga kaki tetap menempel di lantai. 

Wall Sit

Gerakan workout di rumah selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah wall sit. Gerakan wall sit dilakukan dengan menyandarkan punggung ke tembok. Gerakan ini berfungsi meningkatkan otot paha dan tungkai.

Cara melakukan wall sit dimulai dengan berdiri sambil menyandarkan punggung ke tembok. Buka kaki anda selebar bahu dan posisi kaki berada di depan sejauh 60 hingga 70 centimeter dari tembok. Kemudian turunkan tubuh anda dengan menekuk lutut. Tahan tubuh anda dalam posisi paha yang sejajar dengan perut seolah anda sedang duduk. Tahan posisi tersebut selama 20 sampai 60 detik. Angkat kembali tubuh anda ke posisi semula dan ulangi beberapa kali.

Itulah beberapa gerakan workout di rumah untuk pemula yang bisa anda lakukan. Jadi kesibukan bukanlah alasan untuk tidak melakukan olahraga. Seperti kata pepatah, kesehatan bisa dimulai dari rumah. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.