Gerakan Senam Aerobik untuk Perempuan, Ikuti Langkah-langkah Ini
Ilustrasi gerakan senam aerobik (Danielle Cerullo)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Senam aerobik menjadi olahraga yang banyak dipilih untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh. Olahraga ini digemari karena gerakan-gerakan yang dilakukan tergolong ringan dan tidak sulit. Gerakan senam aerobik bisa dipraktikan secara mudah bagi berbagai kalangan usia. 

Senam aerobik termasuk olahraga kardiovaskuler. Selain kebugaran tubuh, olahraga ini juga bermanfaat menjaga kesehatan jantung. Selain itu, gerakan-gerakan dalam senam aerobik juga berperan meningkatkan kekuatan dan kelenturan otot dan sendi.

Banyak wanita dan lansia yang menyukai senam aerobik. Para wanita memilih olahraga ini karena tidak memerlukan tenaga berat. Selain itu, senam aerobik juga bekerja membakar kalori cukup banyak. 

Gerakan-gerakan dalam senam aerobik bersifat dinamis dan energik. Berikut langkah-langkah melakukan senam aerobik bagi perempuan.

Gerakan Senam Aerobik untuk Perempuan

Ada beberapa gerakan dasar senam aerobik yang bisa dipraktikan oleh pemula. Gerakan-gerakan ini mudah dilakukan dan tidak memerlukan teknik yang sulit. Senam aerobik bisa dilakukan di rumah atau tempat lain, tanpa harus pergi ke gym atau lapangan

Marching

Gerakan marching juga mudah dilakukan oleh perempuan untuk senam aerobik. Anda bisa memulainya dengan gerakan jalan di tempat. Kaki diangkat hingga setinggi betis, dan lutut ditekuk hingga 90 derajat.

Leg Curl

Gerakan aerobik yang juga mudah dilakukan perempuan adalah leg curl. Cara melakukannya tinggal menekuk kaki ke arah belakang. Lakukan gerakan tersebut secara bergantian antara kaki kanan dan kaki kiri. 

Squat

Salah satu gerakan senam aerobik yang mudah dilakukan adalah squad. Gerakan ini juga bisa dilakukan di rumah, tanpa harus butuh tempat yang luas dan bantuan alat. 

Gerakan squad berfungsi menguatkan otot paha, pinggul, dan bokong. Selain itu, gerakan ini juga dapat melatih kekuatan otot jantung. Cara melakukannya, pasang posisi berdiri tegak dengan kaki terbuka selebar pinggul. Lalu turunkan tubuh anda dengan mendorong punggung ke belakang dan tekuk lutut. Saat turun, tahan tubuh anda selama beberapa detik, kemudian angkat kembali seperti semula. 

Bagi pemula, lakukan gerakan ini 15-20 menit dengan tingkat intensitas rendah. Anda bisa menerapkannya 3 kali per minggu.

Double Step

Gerakan selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah double step. Gerakan ini banyak diterapkan dalam senam zumba dan digemari para wanita. 

Cara melakukannya cukup mudah, tinggal bergerak dua langkah ke kanan atau ke kiri. Lalu akhiri gerakan dengan merapatkan kaki, menyentuhkan bola kaki dengan posisi lutut menghadap ke depan dan agak ditekuk. 

Gerakan ini bermanfaat menjaga kesehatan jantung, pernafasan, serta meningkatkan kinerja otot kaki dan tangan. Anda bisa melakukan double step dengan iringan musik dengan irama cepat agar semakin bersemangat.

Kicking

Gerakan kicking juga cocok bagi perempaun untuk senam aerobik. Gerakan mudah dilakukan, cukup dengan menendangkan kaki. Gerakan ini bermanfaat meningkatkan kekuatan otot kaki dan bokong ke atas.

Heel Touch

Heel touch juga bisa pilih menjadi gerakan senam aerobik untuk perempuan. Gerakan ini sangat mudah dilakukan oleh semua kalangan, baik itu anak-anak maupun orang dewasa. 

Cara melakukan gerakan heel touch cukup mudah. Gerakan dilakukan dengan menyentuhkan tumit kaki kanan ke tumit kaki kiri, dengan lutut sedikit ditekuk. Pada gerakan ini, kaki menjadi tumpuan untuk menyeimbangkan tubuh. 

Jalan Kaki atau Jogging

Jalan kaki atau jogging bisa dibilang sebagai aktivitas yang sangat ringan. Namun masih banyak yang malas untuk memulainya. Jalan kaki dan jogging bisa menjadi pilihan gerakan senam aerobik bagi perempuan. 

Cukup luangkan waktu anda, lalu lakukan jalankan kaki atau jogging di pagi atau sore hari. Lakukan secara rutin seminggu 3 kali atau 4 kali. Olahraga ini bermanfaat menyehatkan otot jantung dan mengurangi risiko kematian akibat penyakit arteri koroner. Selain itu, gerakan ini bermanfaat menjaga kesehatan otot, tulang, dan persendian kaki. 

Itulah gerakan-gerakan senam aerobik yang mudah dilakukan dan cocok untuk perempuan. Hasil dari senam aerobik bisa diperoleh secara cepat jika dilakukan secara konsisten dan rutin.