Gerakan Senam Aerobik untuk Pemula, Mudah dan Bisa Dilakukan di Rumah
Ilustrasi senam aerobik (Pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Ada banyak jenis olahraga yang bisa dilakukan untuk menerapkan gaya hidup sehat. Jika anda ingin berolahraga secara ringan namun dijalankan secara rutin, cobalan melakukan senam aerobik. Senam aerobik untuk pemula bisa dilakukan secara mudah dan sederhana.

Senam aerobik adalah olahraga untuk membuat tubuh bugar dan tidak memerlukan gerakan dan tenaga yang berat. Olahraga ini banyak dilakukan oleh perempuan, orang dewasa, lansia. Rangkaian geraka senam aerobik dapat mengaktifkan otot kardio dan sendi, serta melibatkan sistem. 

Senam aerobik menjadi banyak pilihan olahraga karena dapat membakar kalori cukup banyak. Senam aerobik juga melibatkan gerakan gesit yang biasanya diiringi musik dengan irama cepat. Kunci dari senam aerobik adalah gerakan yang dinamis dan energik, serta dilakukan secara rutin.

Lalu bagaimana melakukan senam aerobik untuk pemula? Berikut langkah-langkah mudah yang bisa anda ikuti.

Gerakan Senam Aerobik untuk Pemula

Gerakan senam aerobik tidak membutuhkan teknik yang sulit. Senam aerobik bisa dilakukan di rumah atau tempat lain, tanpa harus pergi ke gym atau lapangan. Senam aerobik sangat bagus untuk kesehatan jantung dan aliran darah.

Squad

Salah satu gerakan senam aerobik yang mudah dilakukan adalah squad. Gerakan ini juga bisa dilakukan di rumah, tanpa harus butuh tempat yang luas dan bantuan alat. 

Gerakan squad bekerja menguatkan paha, pinggul, dan bokong. Selain itu, gerakan ini juga dapat melatih kekuatan otot jantung. Caranya, pasang posisi berdiri tegak dengan kaki terbuka selebar pinggul. Lalu turunkan tubuh anda dengan mendorong punggung ke belakang dan tekuk lutut. Saat turun, tahan tubuh anda selama beberapa detik, kemudian angkat kembali seperti semula. 

Bagi pemula, lakukan gerakan ini 15-20 menit dengan tingkat intensitas rendah. Anda bisa menerapkannya 3 kali per minggu.

Jalan Kaki atau Jogging

Jalan kaki atau jogging bisa dibilang sebagai aktivitas yang sangat ringan. Namun masih banyak yang malas untuk memulainya. Jalan kaki dan joging bisa menjadi pilihan gerakan senam aerobik bagi pemula. 

Cukup luangkan waktu anda, lalu lakukan jalankan kaki atau jogging di pagi atau sore hari. lakukan secara rutin dalam seminggu 3 kali atau 4 kali. Olahraga ini bermanfaat menyehatkan otot jantung dan mengurangi risiko kematian akibat penyakit arteri koroner. Selain itu, gerakan ini bermanfaat menjaga kesehatan otot, tulang, dan persendian kaki. 

Double step

Gerakan selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah double step . Gerakan ini banyak diterapkan dalam senam zumba dan digemari para wanita. 

Cara melakukannya cukup mudah, tinggal bergerak dua langkah ke kanan atau ke kiri. Lalu akhiri gerakan dengan merapatkan kaki, menyentuhkan bola kaki dengan posisi lutut menghadap ke depan dan agak ditekuk. 

Gerakan ini bermanfaat menjaga kesehatan jantung, pernafasan, serta meningkatkan kinerja otot kaki dan tangan. Anda bisa melakukan double step dengan iringan musik dengan irama cepat agar semakin bersemangat.

Kicking

Gerakan kicking juga cocok bagi pemula senam aerobik. Gerakan mudah dilakukan, cukup dengan menendangkan kaki. Gerakan ini bermanfaat meningkatkan kekuatan otot kaki dan bokong ke atas.

Heel touch

Heel touch juga bisa pilih menjadi gerakan senam aerobik untuk pemula. Gerakan ini sangat mudah dilakukan oleh semua kalangan, baik itu anak-anak maupun orang dewasa. 

Cara melakukan gerakan heel touch cukup mudah. Gerakan dilakukan dengan menyentuhkan tumit kaki kanan ke tumit kaki kiri, dengan lutut ditekuk. Pada gerakan ini, kaki menjadi tumpuan untuk menyeimbangkan tubuh. 

Marching

Gerakan marching juga mudah dilakukan oleh pemula senam aerobik. Anda bisa memulainya dengan gerakan jalan di tempat. Kaki terangkat hingga setinggi betis, dan lutut ditekuk hingga 90 derajat.

Leg curl

Gerakan yang juga mudah dilakukan pemula adalah leg curl. Cara melakukannya tinggal menekuk kaki ke arah belakang. lakukan gerakan tersebut secara bergantian antara kaki kanan dan kaki kiri. 

Itu tadi beberapa gerakan senam aerobik untuk pemula. Gerakan-gerakannya cukup mudah bukan? Sekarang mulai niat, membuat jadwal, dan lakukan secara konsisten untuk gaya hidup yang lebih sehat. 

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.