Cara Melakukan Pull Up untuk Melatih Otot Tangan, Punggung, dan Bahu
Ilustrasi pull up melatih otot (Unsplash/@anastasemaragos)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Olahraga pull up melatih otot tubuh bagian atas. Teknik gerakan pull up cukup sederhana sehingga bisa dilakukan oleh siapa saja, baik laki-laki maupun perempuan atau orang dewasa maupun anak-anak. Tidak hanya menguatkan otot, geraka pull up yang dilakukan scara rutin juga bermanfaat menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. 

Olahraga pull up dapat dilakukan di rumah, tanpa perlu pergi ke gym. Anda tinggal mencari tiang melintang atau pegangan yang lebih tinggi dari kepala anda yang tumpuannya kuat. Jika di gym tiang ini bernama pull up bar. 

Cara Melakukan Pull Up untuk Melatih Otot 

Pull up merupakan olahraga yang bergunan untuk meningkatkan kekuatan otot tangan dan punggung. Meski terkesan sederhana, anda perlu mengetahui teknik yang tepat agar otot anda terbentuk secara cepat dan maksimal.

Sebelum mulai melakukan gerakan pull up, pastikan tiang tumpuannya benar-benar kuat. Jangan sampai tiangnya tidak kuat menompang beban tubuh anda karena bisa menyebabkan anda terjatuh dan cedera. Posisi tiang pull up juga harus lebih tinggi dari kepala anda agar anda bisa melakukan gerakan menggantung.

Berikut cara melakukan gerakan pull up yang benar:

Pertama berdiri di bawah tumpuan dan atur nafas. Buka kaki selebar bahu. Raih tiang pull up dan genggam dengan kuat. Pastikan telapak tangan anda menghadap ke depan. Selanjutnya angkat tubuh anda ke atas secara perlahan sampai dada mendekati genggaman tumpuan. 

Pada saat mengangkat tubuh, tekuk lutut anda dan posisikan pergelangan kaki menyilang untuk menjaga keseimbangan. Tahan tubuh anda di atas selama beberapa detik. Lalu turunkan kembali tubuh anda dan luruskan kaki anda kembali ke posisi semula. Ketika turun, jaga kekuatan otot anda agar anda bisa turun secara perlahan dan terkontrol. Ulangi gerakan tersebut selama beberapa kali sambil mengatur nafas.

Manfaat Olahraga Pull Up

Olahraga pull up tidak hanya berguna untuk meningkatkan otot tangan dan punggung. Olahraga ini juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan kesehatan mental. 

Meningkatkan Otot Lengan, Bahu, dan Punggung

Olahraga pull up melatih otot tubuh bagian atas sama seperti gerakan back up. Otot bahu, lengan, dan punggung anda akan bekerja saat melakukan gerakan pull up. Otot punggung yang terstimulus mulai dari otot punggung atas hingga otot bawah tulang belikat dan ketiak. Otot bahu yang terbentuk mulai dari tepi punggung hingga leher.

Menguangtkan Genggaman Tangan

Gerakan pull up juga melatih genggaman tangan anda. Saat anda melakukan gerakan mengangkat tubuh, secara langsung genggaman tangan anda akan bekerja dengan kuat. Dengan begitu kekuatan jari-jari dan telapak tangan anda akan terbentuk. Kekuatan genggaman tangan sangat berguna bagi aktivitas sehari-hari seperti mengangkat galon, bermain gitar, mengangkat kayu, membuka tutup toples, dan menunjang olahraga: bulu tangkis, panjat tebing, golf, dan sebagainya. 

Meningkatkan Kesehatan Fisik

Sama seperti olahraga lainnya pada umumnya, gerakan pull up yang dilakukan secara rutin juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh anda. Gerakan pull up dapat meningkatkan kesehatan jantung, menjaga kesehatan tulang, mengurangi lemak perut, hingga mengurangi nyeri punggung. 

Menjaga Kesehatan Mental

Tak hanya bermanfaat bagi kesehatan fisik, pull up juga dapat menjaga kesehatan mental. Sebuah penelitian menunjukkan olahraga kekuatan atau otot dapat mengurangi masalah kesehatan mental, seperti depresi, gejala kecemasan, mengurangi lelah pikiran. Selain itu, olahraga ini juga berguna bagi fungsi kognitif, mulai dari meningkatkan daya ingat hingga mempertajam kefokusan atau perhatian. 

Itulah cara yang benar dalam melakukan gerakan pull up melatih otot tangan dan punggung. Pull up bisa menjadi pilihan olahraga bagi anda yang ingin berolahraga dari rumah. Manfaat olahraga pull up akan semakin terasa jika dilakukan secara rutin. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.