Bagikan:

YOGYAKARTA - Pernah kah anda mendengar istilah pull-up? dan sejauh apa pengetahuan Anda tentang apa itu pull up? Jika masih bingung, yuk cari tahu uraiannya di bawah ini!

Pull-up adalah latihan berat badan fungsional yang bagus untuk membangun kekuatan tubuh bagian atas, namun umumnya dikenal sebagai salah satu latihan yang sulit dikuasai yang bisa jadi rumit bagi pemula. Mungkin Anda pernah mencobanya sebelumnya dan berpikir, mengapa pull-up begitu sulit?

Terlepas dari kesalahpahaman umum, adalah mungkin bagi siapa saja bahkan mereka yang tidak memiliki otot lengan dan punggung yang kuat untuk menaklukkan pull-up. Anda hanya perlu tahu di mana dan bagaimana memulainya, mempelajari bentuk yang benar, dan mencurahkan waktu dan tenaga.

Setelah Anda dapat melakukan variasi pull-up (dan akhirnya pull-up penuh), Anda akan dapat memperoleh manfaat fisik dari tubuh bagian atas yang kuat, sambil merasa senang menguasai latihan yang menantang.

Pull Up (Hendrik Hausen - Pixabay)
Pull Up (Hendrik Hausen - Pixabay)

Apa Itu Pull Up?

Mari kita mulai dengan dasar-dasarnya: apa sebenarnya pull-up itu? Pull-up adalah latihan tubuh bagian atas yang melibatkan menggantung dari pull-up bar dengan tangan Anda dengan telapak tangan menghadap ke arah Anda, dan mengangkat seluruh tubuh Anda dengan lengan dan otot punggung sampai dada Anda menyentuh bar. Gerakan pull-up menggunakan banyak otot sekaligus, menjadikannya sebagai latihan gabungan.

Saat melakukan gerakan sebaiknya fokus menggunakan otot lengan dan bahu, serta hindari mengangkat bahu ke atas.

Sama seperti latihan punggung berat badan lainnya, gerakan ini menggunakan berat badan Anda sebagai resistensi daripada bobot eksternal. Meskipun latihannya sendiri relatif sederhana, menguasainya bisa jadi rumit bagi mereka yang baru mengenal latihan kekuatan.

Apa perbedaan antara pull-up dan chin-up?

Perbedaan utama antara pull-up dan chin-up terutama adalah posisi tangan Anda, pull-up melibatkan pegangan tangan (di mana telapak tangan menghadap jauh dari tubuh Anda), sedangkan dagu menggunakan pegangan tangan (di mana Anda telapak tangan menghadap ke arah tubuh Anda).

Otot apa yang digunakan pull-up?

Pull-up terutama menggunakan bisep dan lat Anda (yang dimulai dari tengah punggung Anda dan berlari ke arah ketiak dan tulang belikat Anda) untuk mengangkat tubuh Anda, tetapi mereka juga menggunakan seluruh tubuh bagian atas Anda, termasuk perut, jebakan, deltoids. , dan pec. Ini menjadikannya gerakan yang bagus untuk membangun kekuatan tubuh bagian atas secara holistik yang bermanfaat bagi kesehatan Anda secara keseluruhan.

Apa manfaat pull-up?

Pull-up dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan fisik Anda, mulai dari membangun otot hingga meningkatkan mood Anda.

Jadi setelah mengetahui apa itu pull up, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!