Preview Pertandingan Semifinal Liga Champions AC Milan vs Inter Milan: Rossoneri Lebih Baik Musim Ini
Inter Milan akan bertindak sebagai tim tamu pada leg pertama semifinal Liga Champions lawan AC Milan. (Foto: Twitter/@Inter)

Bagikan:

JAKARTA – Pertandingan bertajuk Derby della Madonnina yang mempertemukan dua raksasa Italia AC Milan dan Inter Milan akan tersaji di leg pertama Liga Champions Eropa 2022/2023.

Pertemuan kedua tim akan berlangsung di Stadion San Siro, Kamis, 11 Mei 2023 pukul 02.00 WIB. Tempat yang sama akan kembali menjadi arena dari derbi ini untuk leg kedua yang berlangsung pekan depan nanti.

Milan mencapai babak semifinal setelah mengalahkan sesama wakil Italia Napoli. Sementara itu, Inter berada di babak ini usai berhasil memulangkan wakil Portugal, Benfica.

Ini adalah kali ketiga bentrok antara Milan dan rekan satu kota mereka Inter di panggung Liga Champions Eropa. Di dua pertemuan sebelumnya, Rossoneri tercatat selalu keluar sebagai pemenang.

Satu dari dua pertemuan pertama mereka sebelumnya terjadi di semifinal Liga Champions 2002/2003. Ketika itu, Rossoneri keluar sebagai pemenang berkat keunggulan gol tandang.

Milan kemudian kembali menunjukkan dominasi mereka di ajang ini pada babak perempat final Liga Champions 2004/2005. Pada saat itu, mereka menang 2-0 dan 3-0 untuk lolos ke semifinal dengan keunggulan agregat 5-0.

Meskipun sejarah pertemuan di kompetisi Eropa lebih memihak Milan, secara keseluruhan Inter lebih unggul head to head dari 235 Derby della Madonnina sebelumnya.

Dari jumlah bentrok sebelumnya itu, Nerazzurri berhasil menang 87 kali berbanding 79 milik Milan. Total pertemuan itu termasuk tiga bentrok yang terjadi pada musim ini.

Milan memenangkan pertemuan derbi pertama mereka dengan skor 3-2 di ajang Serie A September 2022 silam sebelum Inter menang 3-0 di Piala Super Italia pada Januari lalu serta 1-0 pada pertemuan kedua Serie A di bulan berikutnya.

Prediksi susunan pemain:

AC Milan (4-2-3-1): Maignan; Calabria, Tomori, Kjaer, Hernandez; Tonali, Krunic; Diaz, Bennacer, Saelemaekers; Giroud

Inter Milan (3-5-2): Onana; Darmian, Acerbi, Bastoni; Dumfries, Barella, Brozovic, Mkhitaryan, Dimarco; Martinez, Lukaku