Bagikan:

JAKARTA – Tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung sukses mengalahkan kompatriotnya Komang Ayu Cahya Dewi untuk mencapai babak perempat final Badminton Asia Championship (BAC) 2023.

Gregoria lolos setelah menang dramatis tiga gim 15-21, 21-13, dan 21-18 di Sheikh Rashid Bin Hamdan Indoor Hall, Al Nasr Club, Dubai, Uni Emirat Arab, Kamis, 27 April 2023.

Di babak berikutnya, Gregoria akan menghadapi pemenang dari unggulan ketiga asal China Chen Yufei melawan wakil Jepang, Aya Ohori. Kedua wakil itu belum bermain saat berita ini ditulis.

Selain Gregoria, tiket perempat final juga didapat ganda campuran Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti. Pasangan ini ke delapan besar setelah mengalahkan pasangan Malaysia, Chen Tang Jie/Toh Ee Wei, tiga gim 23-21, 18-21, dan 21-15.

"Ini pertemuan pertama kami dan seperti Melati bilang dua hari lalu, pelatih mereka kan mantan pelatih kami, jadi setidaknya mereka punya modal. Di gim pertama kami lebih mencoba terus keluar dari tekanan mereka saat tertinggal, akhirnya di poin-poin akhir bisa membalikkan keadaan," ujar Praveen

"Pasangan Malaysia ini punya potensi yang baik. Pemain putrinya masih muda tapi sudah berani sementara putranya memiliki power yang bagus jadi tadi kami memang tidak boleh lengah," ia menambahkan.

Di babak perempat final, Praveen/Melati akan menjumpai tantangan yang lebih serius. Mereka akan menghadapi unggulan pertama asal China, Zheng Siwei/Huang Yaqiong.

"Kami menantikan lawan mereka untuk menjadi gambaran sejauh mana kami tertinggal," ujar Praveen, yang sejauh ini bersama Melati telah kalah sebanyak sembilan kali dari 11 kali bentrok dengan Huang/Zheng.

Sementara itu, Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja juga melangkah ke perempat final. Ganda asal PB Djarum ini menekuk Supak Jomkoh/Supissara Paewsampran dengan skor 21-18, 17-21, dan 22-20.

Dari sektor ganda putra, Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri lolos dari lubang jarum. Mereka berhasil bangkit setelah sempat tertinggal dari unggulan kelima, Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi.

Bagas/Fikri sempat tertinggal 21-23 dari ganda China itu pada gim pertama. Namun, mereka bangkit dan merebut dua gim berikutnya dengan kemenangan 21-17 dan 22-20.

Sebelum empat wakil ini, Indonesia telah mengamankan tiket perempat final melalui ganda campuran Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari dan ganda putri Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi.