Publikasikan Wawancara Hasil Kecerdasan Buatan, Majalah Die Aktuelle Bakal Dituntut Keluarga Michael Schumacher
Michael Schumacher saat masih aktif sebagai pebalap Formula 1 di tim Mercedes. (Instagram/@michaelschumacher)

Bagikan:

JAKARTA – Keluarga Michael Schumacher akan mengambil langkah hukum terhadap majalah mingguan Jerman Die Aktuelle karena mempublikasikan wawancara palsu dengan mantan pebalap F1 itu.

Menariknya wawancara itu menggunakan kecerdasan buatan alias artificial intelligence (AI). Seorang juru bicara keluarga Schumacher sudah menunjuk pada laporan yang dipublikasikan tersebut.

Edisi terbaru Die Aktuelle memuat sampul depan dengan gambar Schumacher yang sedang tersenyum dan diikuti dengan tajuk utama “Michael Schumacher, wawancara pertama” serta tagline “Kedengarannya sangat nyata”.

”Hidup saya benar-benar berubah sejak [kecelakaan] itu. Itu adalah waktu yang mengerikan bagi istri saya, anak-anak saya dan seluruh keluarga,” demikian kutipan palsu wawancara hasil kerja AI itu, dikutip The Guardian.

Mantan pebalap hebat Ferrari ini belum pernah terlihat di publik sejak ia mengalami cedera otak serius akibat kecelakaan ski pada saat liburan keluarga di Pegunungan Alpen, Prancis, pada Desember 2013.

”Saya terluka parah sehingga saya berbaring selama berbulan-bulan dalam keadaan koma, karena jika tidak, tubuh saya tidak akan mampu mengatasi semuanya,” lanjutan kutipan itu.

Pasca kecelakaan tersebut, keluarga Schumacher menjaga rapat privasi sang pebalap. Hanya ada akses terbatas pada orang-orang terdekatnya dan hanya sedikit informasi yang diberikan tentang kondisinya.

”Kami tinggal bersama di rumah. Kami melakukan terapi. Kami melakukan semua yang kami bisa untuk membuat Michael lebih baik dan memastikan dia merasa nyaman, dan untuk membuatnya merasakan keluarga kami, ikatan kami,” kata Corinna Schumacher dalam film dokumenter Netflix tahun 2021.

”Kami mencoba untuk melanjutkan hidup sebagai sebuah keluarga, dengan cara yang Michael sukai dan masih melakukannya. Dan kami melanjutkan hidup kami.

”Privasi adalah privasi, seperti yang selalu dia katakan. Sangat penting bagi saya bahwa dia dapat terus menikmati kehidupan pribadinya semaksimal mungkin. Michael selalu melindungi kami, dan sekarang kami melindungi Michael,” imbuh Corinna.

Putra Schumacher, Mick, saat ini menjadi pembalap cadangan Mercedes di Formula Satu setelah kehilangan kursinya di Haas pada akhir musim lalu.