Bagikan:

JAKARTA -  Pelatih Erik ten Hag harus berpikir keras saat  Manchester United kehilangan tiga pemain inti yang menjadi pilar saat bertandang ke markas Nottingham Forest tanpa tiga pilar mereka Minggu 16 April pukul 22.30 WIB.

Tiga pilar tersebut yakni Marcus Rashford, Lisandro Lopez dan Raphael Varane. Absennya Rashford menjadi pukulan telak karena sejauh ini anggota Timnas Inggris ini adalah pencetak gol terbanyak Setan Merah musim ini.

Tanpa tiga pilar ini, pelatih Erik ten Hag tentu harus memeras otak untuk menghadapi jadwal pertandingan MU yang lumayan padat.

MU mungkin akan bisa memetik kemenangan melawan Nottingham yang secara materi pemain memang jauh di bawah. Namun Ten Hag juga harus memikirkan pertandingan berikutnya.

Setelah melawan Nottingham, MU juga masih harus bertemu Sevilla di leg kedua perempat final Liga Europa serta beberapa pertandingan sisa di Liga Inggris termasuk melawan Tottenham Hotspur serta Chelsea.

Pasukan Ten Hag tak boleh sering tergelincir lagi demi merebut posisi empat besar untuk mengamankan tiket Liga Champions.

Nottingham Forest tetap tanpa sejumlah pemain karena cedera. Cheikhou Kouyate, Renan Lodi, Gustavo Scarpa dan Emmanuel Dennis harus dilihat kondisinya sebelum pertandingan ini.

Serge Aurier masih diragukan tetapi akan dinilai sebelum pertandingan ini dan mungkin tersedia dalam kapasitas tertentu.

Di kubu Manchester United, Donny van de Beek absen selama sisa musim karena cedera lutut. Casemiro kembali dari hukuman dan bisa dimainkan. Pemain asal Brasil ini diprediksi akan turun sejak menit pertama untuk berduet dengan Marcel Sabitzer di depan empat bek. Alejandro Garnacho absen karena cedera pergelangan kaki.

Dua bek yang biasanya menjadi andalan di jantung pertahanan Raphael Varane dan Lisandro Martinez diganti karena cedera saat melawan Sevilla.

Duet asal Prancis dan Argentina tidak bisa tampil dalam partai tandang ini. Erik ten Hag tentu akan melakukan perubahan di barisan pertahanan dengan cederanya mereka.

Pendukung MU mungkin tak akan senang karena akan melihat Harry Maguire akan turun sebagai starter di jantung pertahanan.

Dialah yang membuat gol bunuh diri sehingga MU hanya memetik hasil imbang 2-2 saat menjamu Sevilla dalam leg pertama perempat final Liga Europa, Kamis.

Namun Ten Hag tak memiliki pilihan lain kecuali menurunkan mantan pemain Leicester City tersebut. Minimnya stok bek tengah membuat Ten Hag kemungkinan akan menampilkan Luke Shaw--yang biasa bermain di sisi kiri pertahanan--menjadi rekan duet Maguire di jantung pertahanan. Tyrell Malacia, yang juga membuat gol bunuh diri lawan Sevilla, bakal mengawal sisi kiri. Sementara Aaron Wan-Bissaka di sisi kanan.

Scott McTominay cedera tetapi kemungkinan bisa diturunkan dalam pertandingan ini meski mungkin bukan sebagai starter.

MU kemungkinan tak akan mengubah formasi di barisan depan. Wout Weghorst akan menjadi ujung tombak tunggal dan ditopang trio Antony, Bruno Fernandes, dan Jadon Sancho.

Sedangkan, Forest tampil di laga ini usai sembilan pertandingan tanpa kemenangan setelah kalah empat dari lima pertandingan terakhir mereka di Liga Premier. Namun, mereka hanya kalah sekali dalam 11 pertandingan terakhir mereka di City Ground.

MU beraksi pada Kamis malam melawan Sevilla di leg pertama perempat final Liga Europa. Mereka membiarkan keunggulan 2-0 sirna dan hanya memetik hasil imbang 2-2.

Yang lebih mengkhawatirkan daripada hasilnya adalah cederanya Lisandro Martinez dan Raphael Varane yang bermain dalam laga tandang ke-15 mereka musim ini.