Oleksandr Usyk Lewat, Anthony Joshua Pun Sulit, Tyson Fury Kini Bidik Andy Ruiz
Petinju asal Inggris, Tyson Fury. (Foto: Twitter @Tyson_Fury)

Bagikan:

JAKARTA – Tyson Fury mulai membidik Andy Ruiz Jr sebagai lawannya pada musim panas mendatang setelah negosiasi dengan Oleksandr Usyk dan Anthony Joshua menemukan jalan buntu.

Fury dan Usyk hampir mencapai kesepakatan untuk menyatukan keempat gelar kelas berat untuk pertama kalinya dalam sejarah divisi ini pada 29 April mendatang di Stadion Wembley.

Namun, proses pembicaraan runtuh di tengah-tengah jalan akibat tidak ada kata sepakat perihal kompensasi yang harus diterima masing-masing petinju untuk pertandingan ulang nantinya.

Macetnya negosiasi itu membuat Fury dan promotornya Bob Arum mencari pertarungan petinju alternatif. Ruiz, 33 tahun, yang berdarah Amerika-Meksiko, pun menjadi salah satu pilihan.

”Dia [Fury] berada di Italia untuk berlibur bersama keluarganya. Ia telah kembali ke Inggris dan kami sedang berbicara dengannya,” kata Bob Arum kepada Cornerman Boxing yang dinukil oleh The Sun.

”Kami sedang mencari petinju terbaik yang bersedia untuk bertarung musim panas ini di Inggris. Mungkin Andy Ruiz atau seseorang seperti dia,” ia menambahkan.

Ruiz terakhir kali beraksi pada bulan September tahun lalu. Dia naik ring dan mengalahkan Luis Ortiz dalam 12 ronde yang membuatnya siap menghadapi Deontay Wilder.

Namun, laga tersebut gagal terwujud. Kini Wilder malah dikaitkan dengan pertarungan lintas disiplin melawan mantan juara UFC, Francis Ngannou, yang berusia 36 tahun.

Sementara itu, Usyk, 36 tahun, kini telah diperintahkan untuk mempertahankan gelar WBA melawan Daniel Dubois. Pembicaraan untuk duel itu pun saat ini sedang berlangsung.

Di sisi lain, selain membidik Ruiz, Fury juga dilaporkan siap untuk melawan Joe Joyce yang belum terkalahkan. Selain itu, mantan juara kelas dua kali Anthony Joshua juga belum dikesampingkan.