Target Boyong 4 Medali Emas SEA Games Kamboja 2023
Pasangan Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Rambitan. (Foto: Twitter/@INABadminton)

Bagikan:

JAKARTA – Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) menargetkan empat medali emas pada ajang SEA Games Kamboja 2023 yang berlangsung 5 sampai 17 Mei mendatang.

Target ini akan dipikul 14 wakil yang dikirim, yang merupakan gabungan pemain senior dan junior.

Untuk ajang SEA Games tahun ini, PBSI memutuskan mengirim nama-nama seperti Chico Aura Dwi Wardoyo dan Shesar Hiren Rhustavito. Keduanya akan menjadi ujung tombak di tunggal putra bersama Christian Adinata dan Alwi Farhan.

Di sektor tunggal putri, kuartet Komang Ayu Cahya Dewi, Ester Nurumi Tri Wardoyo, Stephanie Widjaja, dan Mutiara Ayu Puspitasari, akan menjadi andalan.

Di ganda putra, ada Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri dan Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan yang diberi kepercayaan. Sementara itu, di ganda putri ada Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi dan Rachel Allessya Rose/Meilysa Trias Puspitasari.

Adapun untuk ganda campuran, Merah-Putih dapat berharap pada pasangan Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati dan Zachariah Josiahno Sumanti/Hediana Julimarbela.

"Dengan target empat medali emas, saya rasa ini adalah tim yang kuat karena beberapa dari mereka akhir-akhir ini menampilkan prestasi yang cukup baik,” ujar Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI Rionny Mainaky dalam keterangan resmi, Senin, 10 April.

SEA Games kali ini akan digelar hampir bersamaan dengan Piala Sudirman 2023 yang berlangsung pada 14-21 Mei di Suzhou, China. Oleh karena itu, PBSI pun terpaksa membagi kekuatan untuk kedua ajang itu.

Rionny mengatakan, hal itu tak membuatnya menjadi pesimistis. Ia yakin persiapan yang cukup akan membawa Tim Merah Putih bisa mencapai target di ajang dua tahunan itu.

"Kami memang membagi kekuatan dengan tim ke Piala Sudirman. Memang di Piala Sudirman kami turunkan pemain utama, tapi yang ini juga tidak kalah, levelnya sudah sama, prestasinya juga sudah mendekati," kata Rionny.