Sederet Prestasi Syabda Perkasa Belawa di Kancah Internasional, Harumkan Nama Bangsa Sejak Muda
Berita duka Syabda Perkasa Belawa (Foto: Twitter/@INABadminton)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Dunia Bulu Tangkis Indonesia baru saja berduka atas meninggalnya Syabda Perkasa Belawa. Kepergian Sabda sangat membawa kehilangan besar bagi PBSI karena dirinya adalah sosok tunggal putra yang kerap mengharumkan nama bangsa. Ada sederet prestasi Sabda Perkasa Belawa yang dikumpulkan selama perjalanan kariernya. 

Syabda Perkasa Belawa meninggal dunia dalam kecelakaan di jalan tol Pemalang Jawa Tengah. Mobil yang ditumpangi oleh Sabda dan keluarganya tersebut menabrak kendaraan lain dari belakang. Nasib tragis, Syabda dan ibunya harus menghembuskan nafas terakhir. Para pecinta bulu tangkis di tanah air pun merasa bersedih atas meninggalnya pemain muda ini.

Taufik Ismadi, paman Syabda, mengatakan bahwa mobil yang dikendarai Syabda sedang menuju Sragen. Syabda dan rombongan keluarganya berniat pulang ke Sragen untuk menghadiri upacara pemakaman neneknya. Namun takdir berkata lain sekitar pukul 04.00 WIB pada Senin (20/23) maut menghampiri mobil yang ditumpangi Syabda dan keluarganya.

Profil Syabda Perkasa Belawa

Syabda Perkasa Belawa merupakan seorang atlet bulu tangkis muda yang baru berusia 21 tahun. Syabda lahir di Jakarta pada 25 Agustus 2001. Syabda sudah mengenal bulu tangkis sejak dini waktu berusia 6 tahun. 

Sabda mulai terjun ke dunia bulu tangkis lebih profesional saat bergabung dengan klub PB Djarum. Saat itu, Sabda masih mengenyam bangku kelas 1 SMP yakni pada tahun 2013. Sabda memutuskan untuk mengejar impiannya menjadi atlet nasional dan harus meninggalkan keluarganya di Jakarta dalam usia yang masih muda. 

Usaha Syabda menekuni bulutangkis pun membuahkan hasil manis. Pada tahun 2018, Syabda dipanggil ke pemusatan latihan nasional (Pelatnas). Perjalanan karier Syabda terus merangkak naik. Syabda beberapa kali meraih gelar juara baik di lever junior maupun senior di kancah nasional dan internasional. 

Prestasi Syabda Perkasa Belawa

Syabda Perkasa Belawa mampu tampil gemilang seiring berjalannya waktu menjadi atlet muda nasional. Selama perjalanan kariernya dari tingkat junior hingga senior, Syabda telah mencatatkan sejumlah prestasi membanggakan. 

Berikut beberapa prestasi yang pernah diraih oleh Syabda Perkasa Belawa:

  • Asia Junior Championship 2019. Dalam ajang bergengsi ini, Syabda muda mampu menyabet Medali Perak mengalahkan lawan-lawan kuat dari negara lain. 
  • World Junior Championships 2019. Syabda berhasil keluar sebagai pemenang atau peraih Medali Emas. Penampilan hebat Syabda yang masih remaja mampu menaklukan lawan-lawan tangguh. 
  • BWF Junior International 2019. Syabda juga berhasil meraih Medali Emas dalam ajang bergengsi ini. Dirinya tampil sebagai pemain tunggal putra untuk Indonesia.
  • Medali emas PON XX 2021. Dua tahun berselang, Syabda juga berhasil meraih medali emas di ajang olahraga tingkat nasional. Syabda keluar sebagai pemenang dalam PON yang diselenggarakan di Papua tersebut. 
  • Runner up Thomas Cup 2022. Lagi-lagi Syabda menuai sorotan atas penampilannya di ajang bergengsi ini. Meski tidak keluar sebagai pemenang, namun Syabda telah melaju hingga posisi Runner Up, di mana sangat sulit dilalui. Dalam ajang ini Syabda berhasil menaklukan atlet Korea Selatan Lee Yun Gyu.
  • Juara Lithuanian International 2022. Di tahun yang sama Syabda kembali mengharumkan nama bangsa dengan menjadi pemenang ajang internasional ini. 
  • Juara Malaysia International 2022. Syabda juga berhasil memboyong gelar juara pada ajang bergengsi Malaysia Internasional yang digelar tahun lalu. 
  • Juara Iran Fajr International 2022. Penampilan gemilang terakhir Syabda yakni dalam ajang bulu tangkis internasional ini. Syabda berhasil melanjang hingga babak final dan menjadi juara. 

Demikianlah ulasan mengenai profil dan prestasi Sabda Perkasa Belawa. Kepergian Syabda dalam kecelakaan maut menjadi duka mendalam bagi masyarakat Indonesia, khususnya bulutangkis nasional. Syabda telah berkontribusi besar dalam dunia bulu tangkis Indonesia selama kariernya dari level junior hingga senior. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.