Putaran 1 OnePrix 2023, Titik Awal Peningkatan Kualitas Kompetisi
Balapan Putaran 1 OnePrix 2023. (Foto: Dok. OnePrix)

Bagikan:

BOGOR - Seri perdana OnePrix 2023 telah rampung digelar pada akhir kemarin. Pada pebalap saling adu kemampuan di Sirkuit Karting Sentul, 18-19 Maret.

Putaran pertama OnePrix 2023 ini memperkenalkan dua konsep baru yakni Superpole Race dan Safety Bike. Konsep ini sebenarnya sudah diterapkan pada sejumlah event balap internasional.

Superpole merupakan balapan ekstra dengan tujuan untuk menentukan posisi start terdepan. Pemilihannya berdasarkan sembilan teratas dari hasil qualifying practice.

Sembilan pebalap tersebut kembali diadu dalam Superpole untuk menentukan susunan akhir dari sembilan nama terdepan yang mengisi starting grid, demikian yang dilansir dari rilis OnePrix.

Konsep ini dinilai sebagai cara yang tepat untuk meningkatkan kualitas kompetisi. Pasalnya, para pebalap harus berjuang ekstra untuk bisa jadi juara.

"Tujuannya adalah selain menyajikan tontonan balap yang semakin menarik bagi penonton, Superpole Race ini juga bisa meningkatkan kualitas kompetisi itu sendiri," kata Direktur Kompetisi OnePrix, Mago Sarwono.

"Jadi, meski berhasil jadi yang tercepat dalam qualifying race, mereka harus bersaing lagi memperebutkan posisi terdepan di starting grid," lanjutnya.

Selain itu, jumlah lap untuk balapan putaran pertama di setiap kelasnya juga mengalami perubahan. Seperti pada kelas Expert yang musim ini menerapkan regulasi 24 lap.

Langkah ini disambut antusias oleh salah satu pebalap, M Faerozi. Dia mengatakan, peraturan ini akan membawa dampak positif buat para pebalap.

"Dengan bertambahnya jumlah lap, kami lebih bisa mengatur strategi untuk meraih hasil maksimal. Kami harus memperhitungkan ketahanan ban, fisik, dan juga strategi yang matang," tuturnya.

Berikut ini adalah hasil balapan Putaran 1 OnePrix 2023 di Sirkuit Karting Sentul 18-19 Maret:

5 Besar OnePrix 2023 Putaran 1 kelas Expert - Race 1

1. Husni Zainul Fuadzy

2. Hafid Pratama

3. M. Faerozi

4. M. Gilang Akbar Roland

5. Dimas Juliatmoko

3 Besar OnePrix 2023 Putaran 1 kelas Expert - Race 2

1. Hafid Pratama

2. M. Faerozi

3. Husni Zainul Fuadzy

5 Besar OnePrix 2023 Putaran 1 kelas Novice - Race 1

1. Chandra Hermawan

2. Fahmi Basam

3. Akbar Abud Abdalah

4. M. Yudi

5. Ahmad Saifullah

5 Besar OnePrix 2023 Putaran 1 kelas Novice - Race 2

1. Fahmi Basam

2. Jorhan Richard Josua Mbeo

3. Ahmad Saifullah

4. Akbar Abud Abdalah

5. Bintang N.H