Munculnya Wajah-wajah Baru di Skuad Timnas Indonesia U-22
Suasana latihan Timnas Indonesia U-22 untuk SEA Games 2023. (Foto: Ulfa Gusti Utami/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Pelatih Timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri, telah menunjuk 34 nama pemain untuk ikut dalam pemusatan latihan (TC) jelang SEA Games 2023 di Kamboja. Dalam TC tahap pertama ini, sang pelatih menampilkan wajah-wajah baru.

Indra Sjafri punya alasan sendiri. Ia mengatakan, kebijakan ini sengaja dilakukan untuk melihat pemain-pemain potensial.

Apalagi pemain yang mayoritas dipanggil dari klub Liga 1 dan Liga 2 ini merupakan pemain yang kurang mendapat waktu reguler di timnya.

"Kami memutuskan untuk memanggil pemain-pemain yang tidak bermain reguler di Liga 1. Jadi yang bermain reguler kita biarkan dulu mereka bermain di klub masing-masing," kata Indra saat ditemui di Lapangan A Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis 2 Maret sore.

Lebih lanjut, pelatih asal Sumatera Barat itu mengungkapkan meski ditunjuk berdasarkan minimnya waktu reguler di tim, tapi setiap pemain mempunyai peluang yang sama untuk bersaing.

Pasalnya tahap penilaian pemain akan dipantau selama TC tahap pertama melalui latihan dan tiga kali internal game. Selanjutnya, akan ada pemanggilan TC timnas tahap kedua pada 8-16 Maret 2023.

"Metodenya melalui latihan dan tiga kali internal game sebelum kita memutuskan dari 34 ini siapa yang akan kita rekrut yang nantinya akan kita gabungkan dengan pemain-pemain yang bermain reguler di Liga 1," lanjut Indra Sjafri.

Menyoal kesempatan yang sama rata bagi tiap pemain untuk masuk skuad utama, Indra Sjafri mengatakan peluang terbuka lebar karena ia tak menggunakan sistem degradasi ataupun promosi, melainkan melihat kebutuhan tim.

"Semua itu (kesempatan) tergantung pemain, kami tidak menargetkan harus lima atau enam pemain yang lanjut. Kami melihat dan mencari sesuai kebutuhan tim," jelasnya.

Ajang SEA Games 2023 Kamboja akan digelar pada 5-17 Mei. Nantinya, hanya akan ada 23 pemain yang dibawa ke arena pertarungan.