Piala Dunia U-20 Bisa Jadi Batu Loncatan Menuju Mimpi yang Lebih Besar
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir. (Foto: Dok. PSSI)

Bagikan:

JAKARTA - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, mendukung penuh perhelatan Piala Dunia U-20 2023 yang diselenggarakan di Indonesia. Menurutnya momentum ini juga bisa jadi batu loncatan untuk menggelar Piala Dunia tingkat senior.

Erick Thohir menyebutkan Piala Dunia U-20 merupakan event terbesar FIFA setelah Piala Dunia senior. Dengan ditunjuknya Indonesia sebagai tuan rumah tahun, mestinya itu bisa dimanfaatkan sebagai tolok ukur kesiapan menjadi tuan rumah event-event besar lainnya.

"Persiapan Piala Dunia U-20 ini menjadi cikal bakal penting untuk penilaian kita siap atau tidak untuk Piala Dunia senior," ujar Erick Thohir dalam keterangan yang diterima Rabu, 1 Maret.

Erick Thohir juga menegaskan, persiapan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 pada Mei-Juni mendatang, harus dilakukan dengan matang agar berlangsung sukses.

Dia juga berharap, sukses penyelenggaraan juga bisa dibarengi dengan prestasi timnasnya. Pasalnya ajang ini merupakan kesempatan Indonesia untuk membangkitkan persepakbolaan Tanah Air.

“Keseimbangan antara penyelenggaraan dan prestasi timnas harus berjalan bersamaan, tidak boleh ada yang tertinggal," ujar Erick Thohir menambahkan.

"Ini event (Piala Dunia U20) kebangkitan sepak bola Indonesia karena bertepatan dengan terbentuknya kepengurusan baru PSSI," lanjutnya.

Pria yang juga Menteri BUMN ini mengutarakan akan ada enam stadion yang telah disiapkan pemerintah Indonesia untuk arena pertandingan Piala Dunia U20 2023.

Kenam stadion yang ditentukan itu yakni Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Gelora Sriwijaya (Palembang), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), dan Stadion Kapten I Wayan Dipta (Bali).