Bagikan:

JAKARTA - Striker Timnas Indonesia U-20, Ronaldo Kwateh memberi suntikan semangat pada rekan-rekan satu timnya jelang laga pembuka Piala Asia U-20. Bakal menghadapi Irak, Ronaldo Kwateh meminta timnya agar tak terlihat gentar di hadapan lawan.

Menurut Ronaldo Kwateh, calon lawan mereka di laga pembuka merupakan tim yang mesti diwaspadai. Namun, skuad Garuda Nusantara harus tetap fokus agar bisa memberikan yang terbaik.

"Pastinya mereka tim yang baik, tapi kami tidak boleh takut sebelum bertanding. Kami lebih baik fokus ke tim kita saja supaya bisa beri yang terbaik," kata Ronaldo Kwateh dikutip dari laman resmi PSSI pada Selasa, 28 Februari.

Pada Piala Asia U-20, Skuad Garuda Nusantara masuk di dalam Grup A bersama Uzbekistan selaku tuan rumah, Irak dan Suriah. Laga pertama akan berlangsung Rabu, 1 Maret dengan menghadapi Irak di Stadion Lokomotiv, Tashkent.

Melihat catatan di atas kertas, Irak merupakan tim yang punya keunggulan. Meski begitu, peluang untuk meraih kemenangan bagi Indonesia juga masih terbuka lebar.

Apalagi persiapan matang juga sudah dilakukan Ronaldo Kwateh dkk dengan menggelar pemusatan latihan (TC) di Jakarta selama tiga pekan. Timnas U-20 juga sempat menggelar turnamen mini internasional melawan tiga peserta Piala Dunia U-20 2023, yakni Fiji, Selandia Baru, dan Guatemala di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta untuk menjajal kemampuan.

Dengan persiapan matang, timnas U-20 kemudian bertolak ke Uzbekistan pada 24 Februari lalu. Kedatangan tim lebih awal juga bertujuan untuk memudahkan pemain untuk penyesuaian diri dengan cuaca dingin di Uzbekistan.

Setelah empat hari berada di Uzbekistan, Ronaldo Kwateh membeberkan proses adaptasi dan aklimatisasi tim berjalan lancar. Suhu dingin sekitar dua sampai 14 derajat di Kota Tashkent tempat tim tinggal bisa dihadapi skuad Garuda Nusantara.

"Kami bisa sampai sini dengan selamat dan juga di sini cuaca lumayan dingin jadi sudah adaptasi,” ujar Ronaldo.

"Teman-teman juga sudah mulai enak dari segi nafas dan semuanya, dan semoga kami beradaptasi dengan cepat dan di pertandingan besok bisa lebih baik," kata eks punggawa Madura United itu.