Sudah Tiba, Ronaldo Kwateh Justru Tak Dapat Lampu Hijau Bela Timnas U-20 di Turnamen Mini Vs Selandia Baru
Ronaldo Kwateh, pemain Timnas U-19 yang dikirim ke Turnamen Toulon 2022. (Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Timnas Indonesia U-20 akan menjalani laga kedua kontra Selandia Baru dalam agenda Turnamen Mini, pada Minggu, 19 Februari malam. Jelang laga ini, Ronaldo Kwateh justru tak dapat lampu hijau untuk bergabung dengan tim.

Pemain yang baru saja mendapat kontrak dari klub Turki, Bodrumspor itu, terlambat bergabung ke Pemusatan Latihan (TC) Timnas U-20 yang sudah dimulai sejak 1 Februari. Karena situasi itu pula, Ronaldo jadi tak terdaftar dalam susunan pemain di laga perdana menghadapi Fiji.

Situasi bahwa Ronaldo bakal kembali menjadi penonton kemungkinan besar terjadi lagi dalam pertandingan melawan Selandia Baru. Hal itu didasari oleh kondisinya yang baru beberapa hari ini kembali dari Turki.

“Memang tadi (saat latihan, Sabtu kemarin) sudah cek kondisinya Ronaldo (Kwateh) seperti apa, setelah dicek memang kurang porsi latihannya di Turki. Jadi untuk turnamen friendly match kali ini mungkin tidak akan dimainkan," ucap Shin Tae-yong saat sesi latihan Sabtu, 18 Februari.

Meski tak bakal dimainkan saat laga melawan Selandia Baru, tapi pelatih Shin Tae-yong tak memungkiri jika Ronaldo bakal dipersiapkan tampil untuk Piala Asia U-20 2023.

Di sisi lain, Ronaldo yang sudah mendengar kabar tersebut menyambut baik rencana pelatih Asal Korea Selatan itu. Ia juga mengaku senang bisa kembali berlatih bersama rekan-rekannya di Timnas Indonesia U-20.

"Sangat senang semoga saya bisa cepat beradaptasi dengan teman-teman dan semoga bisa memberikan impact yang baik buat tim," kata Ronaldo Kwateh.

Dengan absennya Ronaldo Kwateh, timnas U-20 masih memiliki stok penyerang yang diisi oleh Rabbani Tasnim Siddiq, Hugo Samir, dan Hokky Caraka. Namun dalam laga melawan Selandia Baru nanti, Hokky dipastikan tidak akan bermain karena mendapat kartu merah dari laga sebelumnya.