Mengawal Janji-Janji Erick Thohir untuk PSSI, Bakal Usung 5 Program Ini
Erick Thohir Ketum PSSI (Foto via bumn.go.id)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Jabatan Ketua Umum PSSI (Ketum PSSI) resmi dipegang oleh Erick Thohir Menteri BUMN. Erick Thohir terpilih untuk menggantikan memimpin PSSI untuk periode 2023-2027 menggantikan Mochamad Irawan alias Iwan Bule. Janji-janji Erick Thohir untuk PSSI pun sudah dinantikan oleh penggemar bola tanah air. 

Erick Thohir memperoleh suara terbanyak dalam pemilihan Ketum PSSI yang dilakukan melalui Kongres Luar Biasa (KLB) di Hotel Shangri-La, Jakarta, pada Kamis 16 Februari. Ia mendulang suara tertinggi mengalahkan empat kandidat lainnya, yaitu La Nyalla Mattalitti, Arif Putra Wicaksono, Doni Setiabudi, dan Fary Djami Francis. 

Dengan terpilihnya Erick Thohir sebagai ketua yang baru, program-program atau terobosan baru dari PSSI pun ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia. Sebelumnya, Erick Thohir telah mengemukakan program yang akan ia realisasikan selama menjabat nanti. Lantas apa saja janji Erick Thohir untuk PSSI?

Janji-Janji Erick Thohir untuk PSSI

Berikut adalah lima janji utama yang diutarakan oleh Erick Thohir untuk membawa PSSI lebih maju lagi. 

Melanjutkan Liga 2 dan 3

Erick Thohir pernah menyampaikan janji bakal melanjutkan digelarnya kompetisi Liga 2 dan 3. Selain itu, ia juga mengatakan akan menyelenggarakan kembali kompetisi Piala Indonesia untuk memberi kesempatan bagi pemain muda tampil di kompetisi resmi. 

Menteri BUMN tersebut juga ingin menghidupkan kembali atmosfer kompetisi Liga Indonesia menjadi lebih profesional. Rencana bertujuan untuk memotivasi tim di Liga 2 dan 3 untuk masuk ke kompetisi kasta tertinggi Liga 1. 

Meningkatkan Kesejahteraan dan Kualitas Wasit

Kesejahteraan wasit juga menjadi hal yang akan diprioritaskan oleh Erick Thohir. Ia berjanji akan memperbaiki kesejahteraan wasit di Indonesia. Pria yang pernah menjadi pemilik klub Inter Milan tersebut menilai bahwa tingkat kesejahteraan yang rendah bisa memicu wasit berbuat curang. 

Untuk meningkatkan kesejahteraan wasit, Erick Thohir menawarkan beberapa program. Program yang ia usung, di antaranya menaikkan gaji wasit, menjalin komunikasi lebih dengan dengan wasit, mengunjungi rumah wasit, memberi asuransi wasit, pengelolaan dana kesejahteraan, dan lain sebagainya. Terobosan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas wasit di tanah air. 

Membangun Training Center Timnas Indonesia

Erick Thohir juga berjanji akan membangun training center PSSI melanjutkan program dari Ketua sebelumnya. Pria berlatar belakang pengusaha tersebut bakal membangun TC pada tahun 2023 ini. Dengan adanya fasilitas tersebut, diharapkan dapat meningkatkan performa Timnas Indonesia. 

Mengadakan Sarasehan Suporter dan PSSI

Janji lain yang disampaikan oleh Erick Thohir adalah akan menggelar sarasehan antara supporter dan PSSI. Program tersebut akan diadakan untuk memfasilitasi komunikasi langsung dengan supporter. 

Melalui program sarasehan, Erick Thohir ingin PSSI dapat lebih mudah menyerap aspirasi dari berbagai elemen yang terlibat dalam sepak bola. Erick Thohir berharap program tersebut bisa menciptakan blue print sepak bola nasional berdasarkan masukan dan kritik dari masyarakat penggemar bola. 

Menerapkan Teknologi VAR

Erick Thohir juga ingin menerapkan teknologi video assistant refree (VAR) seperti yang sudah dilakukan oleh negara-negara di Eropa. Penerapan VAR akan dijalankan dalam ajang BRI Liga 1 untuk memperbaiki pelaksanaan kompetisi sepak bola. 

Erick Thohir berpendapat bahwa penerapan VAR bisa meminimalisir terjadinya human error dalam pengambilan keputusan oleh wasit. Dengan penggunaan teknologi tersebut, ia optimis penyelenggaraan kompetisi Liga 1 bisa berjalan lancar, adil, dan profesional. 

Demikianlah ulasan mengenai janji-janji Erick Thohir untuk PSSI. Dengan program-program yang akan ia jalankan, Erick Thohir ingin membenahi kinerja PSSI menjadi lebih profesional. Para penggemar sepak bola tanah air pun menantikan dan akan terus mengingatkan perihal realisasi janji tersebut. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.