Bagikan:

JAKARTA - Pelatih Timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri mengungkapkan target untuk SEA Games 2023 di Kamboja. Tim harus bisa meraih hasil maksimal bukan cuma jadi partisipan.

Hal itu merupakan permintaan dari Ketua Umum PSSI yang baru, Erick Thohir.

Demi mewujudkan target itu, Indra menggembleng para pemain dalam pemusatan latihan (TC) di Lapangan A, Gelora Bung Karno, Senayan. TC ini sudah digelar sejak 1 Maret kemarin.

"Iya dong, harus target. Kita kan di target (Ketum) untuk medali emas, kita bawa tim terus target harus dibawa. Masa cuma mau jadi partisipan," kata Indra Sjafri pada Kamis, 2 Maret sore WIB.

"Ini sudah 32 tahun tidak dapat emas, itu harus dioptimalkan jangan pesimistis. Itu (target medali emas) harus diusahakan, ini (latihan adalah usaha) yang sedang kita lakukan untuk itu," lanjutnya.

Dalam TC kali ini, Indra Sjafri memanggil 34 nama pemain di mana 60 persennya adalah pemain yang baru pertama bergabung ke timnas.

Para pemain yang menjalani TC perdana ini tak hanya datang dari dari Liga 1, tapi ada juga yang merupakan pemain Liga 2. Kriteria pemain yang dipilih berdasarkan hasil diskusi dengan pelatih klub masing-masing.

Setelah berdiskusi, Indra Sjafri dn timnya memutuskan untuk memanggil pemain-pemain di luar pemain reguler Liga 1.

"Langkah-langkah yang saya lakukan adalah pertama tentu saya harus berkomunikasi dengan pelatih klub Liga 1 dan Liga 2, karena dia yang paling tahu kondisi pemain terkini. Baru setelah itu kami bikin roadmap," beber sang pelatih.

Agenda TC ini sendiri akan dibagi menjadi dua gelombang. Gelombang pertama berlangsung pada 1-8 Maret. Sementara gelombang kedua akan digelar pada 9-16 Maret.