Presiden FIFA Ikut Berduka atas Meninggalnya Fans Fanatik Timnas Indonesia
Gianni Infantino, Presiden FIFA (Instagram/@gianni_infantino).

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA), Gianni Infantino, turut menyampaikan duka atas meninggalnya salah satu pendukung setia Timnas Indonesia. Sosok yang membuat Gianni turut merasa kehilangan ialah Katon, pria nyentrik berasal dari Gunung Kidul.

Katon diketahui tutup usia pada Minggu, 25 Februari 2024. Kabar meninggalnya Katon sempat dibagikan oleh akun media sosial Ngapak Football.

Pada unggahan itu disebutkan bahwa kondisi kesehatan Katon sempat menurun, tapi ia sempat membuat janji untuk kembali mendukung Skuad Garuda.

"Turut berdukacita atas meninggalnya suporter fanatik Timnas Indonesia, yaitu Mas Katon asal Gunung Kidul/Temanggung."

"Bulan Maret nanti sudah janjian mau menonton Timnas Indonesia vs Vietnam di SUGBK, tapi beliau sakit dan dipanggil duluan oleh Allah SWT. Selamat jalan Mas Katon," tulis akun instagram Ngapak Football.

Kabar duka ini rupanya sampai ke telinga Gianni Infantino. Orang nomor satu di sepak bola dunia itu pun merasa kehilangan sosok Katon. Ungkapan belasungkawa terlihat disampaikan Gianni lewat Instagram pribadinya.

Pada unggahan yang dibagikan Senin, 26 Februari 2024, dini hari WIB, pria kelahiran Swiss tersebut berdoa untuk kepergian Katon. Gianni juga sempat mengenang kembali pertemuannya pada Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia.

"Saya sangat sedih mengetahui meninggalnya Katon, sosok penggemar berat permainan indah kita," kata Infantino di media sosial.

"Saya mendapatkan kehormatan bertemu dengannya di Piala Dunia U-17. Dia (Katon) selalu tersenyum dan sangat antusias dengan sepak bola," kenang Gianni.

Ucapan belasungkawa Presiden FIFA Gianni Infantino di media sosial pribadi (screenshot).

"Saya menyampaikan belasungkawa yang sedalam-dalamnya kepada keluarga, sahabat, dan semua orang di sepak bola Indonesia. Beristirahat dalam damai," ujarnya.

Perasaan itu diungkap Gianni bukan tanpa alasan. Sang Presiden FIFA ternyata sempat bertemu langsung dengan sosok Katon.

Saat jumpa di laga kedua Timnas Indonesia U-17 vs Panama U-27 pada Piala Dunia U-17 2023 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Katon bahkan melukis wajah Gianni Infantino di bagian perutnya disertai wajah dirinya yang tengah mengayuh sepeda.

Sebelumnya, Katon memang dikenal sebagai salah satu fans fanatik Timnas Indonesia yang punya gaya nyentrik. Selain melukis wajah Infantino, Katon juga kerap datang ke stadion dengan lukisan wajah di tubuhnya.

Pada salah satu pertandingan, Katon melukis tubuhnya dengan wajah sosok pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Saat itu, Katon menggambarkan Shin Tae-yong sebagai sosok superman saat Timnas Indonesia U-23 tampil pada laga Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 di Stadion Manahan, Solo, pada September 2023.

Lukisan dengan tema sama juga dipamerkannya saat Timnas Indonesia menantang Brunei Darussalam pada babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

Ia juga melukis wajah Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, saat mendukung perjuangan Timnas Indonesia menghadapi Argentina pada FIFA Matchday, Juni 2023, di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.