Pemain Basket Tertinggi di Indonesia dengan Tinggi Badan di Atas 2 Meter
Ilustrasi atlet basket (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Tinggi badan adalah salah satu hal penting dalam olahraga basket. Di Indonesia, ada beberapa pemain basket yang punya tinggi badan di atas rata-rata. Para pemain basket tertinggi di Indonesia tersebut terus membela timnya saat bermain di kejuaraan basket.

Pemain Basket Tertinggi di Indonesia

Harus diketahui bahwa siapapun bisa menjadi atlet basket tak peduli berapapun tinggi badannya. Syarat utama menjadi atlet basket adalah tahu dan bisa memahami aturan serta bisa bermain basket. Meski demikian tinggi badan atlet basket akan memudahkan mereka saat bermain basket.

Indonesia pun memiliki pebasket dengan tinggi badan di atas rata-rata. Beberapa atlet basket yang tinggi di Indonesia adalah sebagai berikut.

  1. Ujang Warlika

Ujang Walika adalah pemain basket tertinggi di Indonesia. Tinggi badannya di atas rata-rata tinggi badan orang Indonesia pada umumnya yakni mencapai 223 cm dengan bobot mencapai 100 kg. Dalam timnya, Ujang menjadi center. Pria yang akrab disapa dengan Ujang Badik ini sempat membela tim basket Aspac.

  1. Max Yanto

Pebasket Max Yanto juga mendapat posisi sebagai pebasket tertinggi di Indonesia dengan tinggi badan 215 cm dengan bobot tubuh mencapai 130 kg. Tinggi badan yang dimilikinya membuat ia menjadi pebasket tertinggi saat ini di liga basket IBL.

Selama menjadi atlet, ia berhasil menorehkan berbagai prestasi salah satunya adalah penghargaan Sportsmanship Award di NBL Indonesia pada tahun 2013. Atlet berkebangsaan Indonesia itu membela tim Hangtuah Sumsel dengan nomor punggung 32.

  1. Anggi Arizki

Pemain basket Indonesian Basketball League (IBL) yang berkarier di klub Satria Muda BritAma Jakarta ini punya tinggi badan di atas 2 meter, tepatnya 212 cm dengan bobot badan 88 kg. Pada 2016 ia memutuskan untuk pensiun sebagai center Satria Muda Pertamina dan memilih untuk berkarier di luar basket.

  1. Muhammad Dhiya Ul’haq

Tinggi badan yang dimiliki Muhammad Dhiya Ul’ha yakni 203 cm dengan berat badan 94 kg. Atlet kelahiran 11 Februari 1992 ini membela klub basket Tangerang Hawks Basketball Club. Ia sempat membela timnas Indonesia di  di Asian Games yang digelar pada 14 Agustus 2018. Dikutip dari situs resmi Perbasi, Muhammad Dhiya Ul’ha di timnas bernomor punggung 13.

  1. Kristian Liem

Kristian Liem adalah atlet basket yang lahir pada 10 September 1994 di Surabaya. Ia memiliki tinggi badan 201 cm dengan berat badan 94 kg. Ia juga sempat memperkuat timnas basket Indonesia pada 2020. Pebasket berbakat ini pernah meraih beragam prestasi yakni menyabet gelar Rookie of The Year di musim perdananya. Pada tahun 2021, Kristian Liem resmi mengenakan jersey Dewa United Surabaya.

  1. Firman Dwi Nugroho

Pebasket Firman Dwi Nugroho punya tinggi badan 202 cm dengan bobot mencapai 120 cm. Atlet basket yang lahir pada 16 Oktober 1990 itu membela klub basket Satya Wacana Salatiga. Selain itu ia pernah membela klub Prawira Bandung dan berkompetisi di IBL Pertamax 2021. Berbagai prestasi berhasil ia raih, salah satunya dinobatkan menjadi Defensive Player of the Year IBL musim 2015-2016.

  1. Donny Ristanto

Nama Donny Ristanto tidak bisa dilupakan sebagai pebasket tertinggi, yakni 201 cm dengan bobot 109 kg. Ia membela klub Pacific Caesar Surabaya. Pebasket ini lahir pada 12 Juli 1977 dan menjadi salah satu pebasket aktif tertua di IBL Indonesia.

Itulah informasi terkait pemain basket tertinggi di Indonesia. Kunjungi VOI.ID untuk informasi menarik lainnya.