Bagikan:

YOGYAKARTA – Dalam dunia olahraga basket, aturan FIBA dan NBA ternyata berbeda. Meski keduanya sama-sama digunakan dalam pertandingan bola basket, namun ada sejumlah hal mendasar yang membedakan satu sama lain. Lalu, apa saja perbedaan FIBA dan NBA?

Perbedaan FIBA dan NBA

Perlu diketahui, FIBA adalah kependekan dari Federation Internationale de Basketball yang bisa dipahami sebagai federasi bola basket dunia. Sedangkan NBA kependekan dari National Basketball Association. NBA merupakan asosisasi olahraga basket yang berbasis di Amerika Utara. NBA juga banyak dikenal sebagai liga bola basket pria AS. Meski berbasis di Amerika, NBA kerap digunakan sebagai patokan liga basket di berbagai negara bahkan dunia.

Meski keduanya sama-sama menjadi kiblat olahraga basket dunia, masing-masing punya perbedaan aturan, baik yang berkaitan dengan aturan main hingga petunjuk teknis yang mengatur luas lapangan basket dan sebagainya. Berikut ini beberapa perbedaan FIBA dan NBA terkait aturan yang diterapkan.

  • Durasi Pertandingan

Durasi pertandingan FIBA adalah 4 kuarter dengan masing-masing kuarter adalah 10 menit. Sedangkan NBA adalah 4 kuarter dengan masing-masing kuarter selama 12 menit.

  • Durasi Jeda Kuarter

Pada jeda kuarter, masing-masing  juga berbeda. durasi jeda kuarter 1 dan 2, 4 dan 4 masing pada FIBA adalah 2 menit, sedangkan NBA adalah 130 detik.

  • Panjang Lapangan

Aturan FIBA mengatur panjang lapangan adalah 28 meter x 15 meter, sedangkan pada panjang lapangan versi NBA adalah 28,65 meter x 15,24 meter.

  • Ukuran Area 3 Detik

Pada FIBA ukurannya adalah 6 meter x 5,8 meter, sedangkan pada NBA adalah 4,87 meter x 5,8 meter.

  • Jarak Garis 3 Poin dengan Ring

Aturan FIBA menggunkana jarak garis 3 poin dengan ring adalah 6,25 meter sedangkan pada NBA adalah 7,24 meter.

  • Batas Personal Foul

Pada aturan FIBA, batas personal foul adalah 5 sedangkan NBA 6.

  • Ukuran Bola

FIBA dan NBA masing-masing punya aturan terkait ukuran bola. Pada FIBA keliling bola maksimal adalah 780 mm sedangkan keliling minimal adalah 749 mm. Berat bola FIBA maksimal 650 gram dan minimal 567 gram.

Sedangkan pada NBA keliling bola antara 749,3 dan 755,65 mm yang diukur dari garis bola, atau keliling antara 752,5 dan 758,8 mm yang diukur dari permukaan bola. Sedangkan berat bola adalah 623,7 gram.

  • Jumlah Wasit

Jumlah wasit bola basket aturan FIBA adalah 2, namun bisa 3 jika federasi mengizinkan. Sedangkan pada NBA adalah 3 orang wasit.

  • Nomor Kostum Atlet

Di aturan FIBA, nomor punggung kostum adalah 4 hingga 15. Berbeda di NBA karena pemain boleh dan bebas menentukan nomor punggung dari 0 sampai 99.

Itulah informasi terkait perbedaan FIBA dan NBA. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.