6 Tahun Puasa Gelar, Manchester United Bidik Trofi Carabao di Final vs Newcastle
Manchester United finasl Carabaou Cup (@ManUtd_ID)

Bagikan:

JAKARTA - Manchester United (MU) membidik trofi perdana mereka dalam enam tahun terakhir saat tampil dalam final Piala Liga Inggris atau Carabao Cup, melawan Newcastle United.

Partai final kejuaraan yang juga dikenal dengan nama EFL Cup ini akan digelar di Stadion Wembley, Minggu 26 Februari, mulai pukul 23.30 WIB.

MU terakhir meraih trofi saat menjuarai Liga Europa musim 2016/17 saat masih di bawah komando pelatih Jose Mourinho. Kini mereka kembali berpeluang menyabet gelar lagi setelah paceklik trofi sejak Sir Alex Ferguson hengkang.

Pertandingan ini juga menjadi peluang bagi pelatih Erik ten Hag untuk membawa MU merebut gelar juara dalam tahun pertamanya sebagai pelatih klub berjulukan Setan Merah.

Namun ambisi MU tentu tak akan dicapai dengan mudah. Newcastle saat ini menjadi tim yang tengah melesat sejak menjadi klub kaya baru setelah dibeli konsorsium perusahaan dari Arab Saudi yang kabarnya didukung penuh putra mahkota kerajaan di Timur Tengah itu, Pangeran Muhammad bin Salman.

Dengan raihan 41 poin, saat ini tim yang dilatih oleh Eddie Howe ini bertengger di posisi kelima klasemen Premier League, dua tingkat di bawah Manchester United dengan selisih delapan poin. Newcastle hanya tertinggal satu poin oleh penghuni urutan keempat Tottenham Hotspur.

The Magpies menjadi kandidat kuat untuk menyabet tiket Liga Champions musim depan. Mereka menjadi salah satu kekuatan yang sangat diperhitungkan musim ini.

Pelatih MU, Erik ten Hag, tak bisa menurunkan trio yang cedera Christian Eriksen, Donny van de Beek, dan Anthony Martial untuk final Piala Carabao hari Minggu.

Namun, kekhawatiran terbesar adalah kesiapan Marcus Rashford karena masalah pergelangan kaki. Namun pemain yang sudah mencetak 16 gol untuk Setan Merah sejak usai Piala Dunia 2022 ini tampaknya akan fit dalam partai yang amat vital ini.

Ten Hag juga memiliki keputusan untuk membuat bek sayapnya, meskipun dalam kesempatan pertama United meraih trofi dalam enam tahun, ia diharapkan untuk tampil dengan kekuatan penuh di sini.

Casemiro siap diturunkan setelah larangan tampil dalam tiga pertandingan di Premier League. Dia juga menjadi salah satu pemain yang amat berperan dalam membawa MU memenangkan partai playoff Liga Europa saat menjamu Barcelona.

Ten Hag diprediksi akan memasang formasi 4-2-3-1. Rashford yang biasanya menjadi sayap kiri bakal diutus sebagai ujung tombak tunggal. Dia bakal disokong oleh trio Bruno Fernandes, Wout Weghorst, dan Jadon Sancho.

Duet Brasil Casemiro dan Fred akan berposisi di depan empat bek yang bakal diisi Diogo Dalot, Victor Lindelof, Lisandro Martínez, Luke Shaw. Keempat bek ini akan mengawal kiper David De Gea.

Di kubu Newcastle United, Martin Dubravka tidak memenuhi syarat, dan dengan ditangguhkannya Nick Pope, kiper Loris Karius akan tampil untuk pertama kalinya untuk tim Inggris sejak final Liga Champions 2018.

Eddie Howe akan menunggu hasil tes kebugaran Joelinton dan Joe Willock untuk tampil dalam partai final ini. Joelinton kemungkinan besar akan tampil di antara keduanya.

Emil Krafth absen jangka panjang, tetapi Bruno Guimaraes kembali setelah skorsing tiga pertandingan. Eddie Howe kemungkinan akan mengusung formasi 4-3-3 dengan menurunkan trio Miguel Almiron, Callum Wilson, dan Allan Saint-Maximin di lini depan.

Mereka akan ditopang barisan tengah Sean Longstaff, Bruno Guimaraes, serta Joelinton. Sementara di barisan belakang Fabian Schar dan Sven Botma mengawal jantung pertahanan dengan Kieran Trippier di sisi kanan dan Dan Burnn di kiri.

Manchester United membuat 16 kemenangan dari 20 pertandingan terakhir mereka di semua kompetisi setelah pertengahan pekan saat mereka bangkit dari ketinggalan untuk mengalahkan Barcelona di Old Trafford. Mereka pasti akan berupaya memaksimalkan peluang mereka untuk mengakhiri penantian selama enam tahun untuk meraih trofi.

Peluang MU meraih trofi kian besar setelah performa Newcastle justru menukik pada waktu yang salah. Mereka hanya memenangkan empat dari 11 pertandingan terakhir mereka di semua kompetisi, tiga di antaranya terjadi di Piala Carabao. Tanpa kiper nomor satu Nick Pope, itu bukan persiapan yang ideal untuk tim Eddie Howe.

Permainan terbaik Newcastle mungkin akan keluar saat final ini. Namun sulit untuk tidak mendukung United untuk pertarungan final Piala Carabao hari Minggu.